Manfaatkan Supan-supan Gunung, Dongkrak Produktivitas Ternak Kerbau

waktu baca 2 menit
Rabu, 13 Des 2023 09:46 0 160 Ade Ujang

POJOKBANUA, KANDANGAN – Dosen dari Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat (ULM) telah meluncurkan inisiatif pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan edukasi kepada Kelompok Tani Karya Harapan di Desa Teluk Haur, Kecamatan Daha Utara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Fokus kegiatan ini adalah pemanfaatan supan-supan gunung sebagai pakan pengganti susu untuk anak kerbau, dengan tujuan utama meningkatkan produktivitas ternak dan mengurangi tingkat kematian anak kerbau.

Dr. Ika Sumantri, selaku ketua tim pengabdian ini, mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan dari bulan Agustus hingga Oktober 2023, melibatkan berbagai tahapan seperti sosialisasi hingga pendampingan dalam pembuatan formulasi pakan pengganti susu. “Peningkatan nilai supan-supan gunung sebagai pakan alternatif diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kelangsungan hidup dan produktivitas ternak kerbau,” ujar Dr. Ika Sumantri.

Salah satu aspek yang dijelaskan oleh tim pengabdian adalah penurunan produktivitas ternak kerbau kalang dan tingginya tingkat kematian anak kerbau. Dr. Ika Sumantri, menekankan bahwa pengetahuan baru tentang pemanfaatan supan-supan gunung sebagai bahan pakan alternatif dapat menjadi solusi. “Kami berharap melalui edukasi ini, peternak akan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengolah pakan pengganti susu untuk anak kerbau,” tambahnya.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

Kelompok Ternak Karya Harapan, sebagai penerima manfaat utama kegiatan ini, tampak antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian edukasi. Edukasi ini sangat bermanfaat bagi peternak karena meningkatkan pengetahuan baru terkait pemanfaatan tanaman lokal, khususnya supan-supan gunung, sebagai pakan alternatif. Dengan pengetahuan baru ini, kelompok ternak dapat menerapkan teknik pengolahan pakan yang benar untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan anak kerbau.

Diharapkan, upaya ini dapat menjadi model bagi inisiatif serupa di wilayah-wilayah lain, yang pada akhirnya dapat memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan peternak dan pengembangan pertanian di daerah tersebut.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020

Member JMSI

Network

LAINNYA