iklan di pojokbanua

Pramuka Kurang Diminati: Kepsek Sebut Harusnya Tetap Wajib, Penting Bentuk Karakter

waktu baca 2 menit
Senin, 22 Apr 2024 12:53 0 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Kepala SDN Jawa 5, Anita Prihatin mengakui bahwa ekstrakurikuler (eskul) pramuka kurang diminati para siswa. Pernyataan itu disampaikan usai Kemendikbud berencana menghapus pramuka sebagai eskul wajib di sekolah.

“Ini bagian dari kurikulum merdeka yang memberi kebebasan lebih kepada siswa dalam memilih. Meski demikian, saya pribadi percaya bahwa eskul Pramuka seharusnya tetap diwajibkan,” ujar Anita kepada pojokbanua.com, Senin (22/4/2024).

Kepala SDN Jawa 5, Anita Prihatin.(Foto: Wahyu/pojokbanua.com)

Kata dia, di sekolahnya, selain pramuka juga ada ekskul lain seperti karate, menari dan futsal. “Namun, pramuka dianggap kurang diminati oleh siswa. Padahal, memiliki nilai yang penting dalam membentuk karakter dan nasionalisme,” ungkapnya.

Sehingga, ia berpendapat pramuka sebaiknya tetap dijadikan ekskul wajib, karena hanya berlangsung seminggu sekali, khususnya pada Jumat sore.

“Meskipun ada ekskul lain, pramuka masih memiliki peran penting dalam pembentukan karakter. Walau jumlah peminatnya mungkin tidak sebanyak ekskul lain, pramuka masih memiliki nilai yang tidak bisa diabaikan,” bebernya.

Sayangnya, belum ada sosialisasi khusus untuk kepala sekolah (kepsek), juga dari dinas pendidikan (disdik). “Itu hanya edaran-edaran dari medsos yang dari Kementerian Pendidikan,” lanjutnya.

Senada, salah satu orang tua murid, Imah membenarkan bahwa pramuka jangan dihapuskan. “Karena bagian dari belajar mandiri murid-murid. Cuma sekarang kan di sekolahan wajib ikut,” tutupnya. (WF/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221229-WA0030
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005

Member JMSI

Network

LAINNYA