iklan di pojokbanua

Penataan Kota, PUPR Banjarbaru Bakal Bangun Trotoar di Jalan Kemuning

waktu baca 2 menit
Rabu, 15 Mei 2024 19:25 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Jika tak ada aral melintang, Dinas PUPR Banjarbaru bakal membangun trotoar di Jalan Kemuning, Kecamatan Banjarbaru Selatan. Pembangunan trotoar sendiri bertujuan untuk menata kawasan Jalan Kemuning.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPR Banjarbaru, Muhammad Adi Maulana mengatakan, berdasarkan peraturan, trotoar disarankan dibangun di ruas jalan yang terdapat sekolah, pusat perdagangan dan jasa, serta pasar. Jalan Kemuning layak dibangun trotoar karena masih ada aktivitas perdagangan dan berdekatan dengan eks Pasar Bauntung.

“Kemudian juga trotoar itu sebenarnya ciri-ciri sebuah kota, salah satunya adalah banyaknya fasilitas pejalan kaki atau trotoar tadi. Itulah mengapa kami ingin mengerjakan trotoar di Jalan Kemuning,” ujarnya kepada sejumlah awak media di ruang kerjanya, baru-baru tadi.

Adi menjelaskan, tujuan lain menata Jalan Kemuning untuk mengatasi kekumuhan di ruas jalan di jantung Ibu Kota Kalimantan Selatan (Kalsel) ini. Ia mencontohkan Jalan Kuripan, Banjarmasin sebelum dibangun trotoar, yang kini telah ditata dengan trotoar di kedua sisi jalan.

Adapun untuk desain trotoar, disebut Adi bakal mirip dengan yang dibangun di Jalan Kuripan Banjarmasin. Seperti penggunaan beton stem, dicap dengan pola tertentu dan diberikan pewarnaan.

“Untuk biaya memang lebih murah dan apalagi nanti banyak aktivitas berdagang dan berbelanja, kami cari yang murah dan awet,” imbuhnya.

Adi menuturkan, pagu anggaran untuk pembangunan trotoar di Jalan Kemuning sebesar Rp5,5 miliar. Trotoar yang dibangun sepanjang 465 meter dengan lebar kurang lebih 2 meter di kedua sisi ruas jalan.

Dinas PUPR Banjarbaru sendiri, telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat di dua kelurahan yang dilewati Jalan Kemuning, yakni Kelurahan Kemuning dan Kelurahan Guntung Paikat. Diakui Adi, masyarakat terutama pedagang sempat bereaksi dengan rencana pembangunan trotoar ini.

“Kami jelaskan (pembangunan trotoar) memiliki dua tujuan. Satu sisi kami menormalisasi drainase yang ada dan kami ingin menata kota supaya tidak kumuh,” tuntasnya. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006

Member JMSI

Network

LAINNYA