iklan di pojokbanua

Refleksi Hardiknas 2024, Begini Potret Bungkus dan Isi Pendidikan HST

waktu baca 2 menit
Rabu, 15 Mei 2024 20:18 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Momen puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menjadi ajang refleksi untuk melihat kembali berbagai pencapaian dan hambatan yang telah berjalan.

Kepala Dinas Pendidikan HST, Muhammad Anhar mengakui, dalam beberapa waktu terakhir memang telah melakukan beragam akselerasi untuk mendorong tranformasi pendidikan.

Jika diukur, prestasi pendidikan di HST pun terus mengalami peningkatan. Bahkan pada puncak perayaan ini ada 78 guru dan siswa yang diganjar penghargaan baik tingkat provinsi maupun nasional.

Di tambah lagi, Kabupaten HST juga pernah mencapai Indeks Pelayanan Minimal (IPM) tertinggi se-Kalimantan Selatan (Kalsel), literasi dan numerasi jenjang SD terbaik se-Kalsel dan sederet presetasi pendidikan lainnya.

Namun, bagi Anhar, sederet prestsasi ini hanya sebagai bungkusnya saja. Pihaknya pun akan terus mendorong memberikan penekanan pada sisi subtansi isinya, yakni perbaikan pembelajaran.

“Isinya ini adalah bagaimana guru benar-benar tergerak untuk memperbaiki pembelajaran di kelas yang berfokus pada siswa,” katanya saat diwawancarai awak media di Pendopo Bupati HST, Rabu (15/5/2024).

Menurut Anhar, Merdeka Belajar itu hanyalah kebijakan. Sedangkan esensinya tidak bisa diwujudkan tanpa gerakan di lapangan. Untuk itu, ia berharap guru dapat bergerak dan tergerak untuk memberikan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Terkait tantangan membenahi isinya, kata Anhar yang paling berat itu adalah cara pandang terhadap bagaimana harus berubah, terutama pembelajaran di dalam kelas hingga cara belajar mengajar.

Anhar mengatakan, terkait subtansi ini pihaknya akan selalu berbenah memperbaiki layanan terhadap guru dan diharapkan guru juga terus berbenah memperbaiki layanan terhadap siswa dan orang tua di sekolah.

“Pembelajaran yang berfokus kepada siswa itu yang jadi atensinya ke depan,” imbuhnya.

Puncak peringatan Hardiknas 2024 ini ditutup dengan pembagian penghargaan kepada guru dan siswa HST yang berprestasi. Setelahnya, mereka juga turut diundang ke Pendopo Bupati HST untuk ramah-tamah bersama Wakil Bupati dan Forkopimda HST. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221227-WA0005

Member JMSI

Network

LAINNYA