iklan di pojokbanua

Ribuan Guru dengan Pakaian Nusantara Padati Puncak Peringatan Hardiknas di HST

waktu baca 2 menit
Rabu, 15 Mei 2024 14:38 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Lebih dari 4.000 guru di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) memadati Lapangan Dwi Warna Barabai dalam rangka puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Rabu (15/5/2024) pagi.

Puncak peringatan Hardiknas itu dipimpin Wakil Bupati (Wabup) HST, Mansyah Sabreri dihadiri Forkopimda, para guru hingga para pelajar. Menariknya, semua yang hadir mengenakan pakaian khas Nusantara.

Dalam kesempatan itu, Wabup menyampaikan sejumlah pesan pendidikan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim.

Ia mengatakan, lima tahun terakhir ini adalah waktu yang sangat mengesankan menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar. Hal ini semakin menyadarkan pihaknya tentang tantangan dan kesempatan yang dimiliki untuk memajukan pendidikan Indonesia.

Lebih lanjut, bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Pihaknya sadar untuk membuat perubahan butuh sebuah perjuangan.

“Ketika langkah kita mulai serempak, kita dihadapkan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi yang berdampak mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis,” ujarnya.

Mansyah melanjutkan, karena pandemi itu memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan dengan bergotong-royong untuk pulih dan bangkit dari pandemi.

“Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar,” lanjutnya, mengutip pesan Mendikbud.

Hal positifnya, pihaknya sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena merasa merdeka belajar di kelas. Lalu, guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru, para mahasiswa yang siap berkarya.

“Kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi,” paparnya.

Pihaknya mengakui, saat ini sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugasnya masih belum selesai. Semua yang telah berjalan ini harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan.

“Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan,” tegasnya.

Terakhir, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas perjuangan yang telah dilakukan. Dengan penuh harapan, Merdeka Belajar dititipkannya kepada para penggerak perubahan untuk membawa Indonesia melompat ke depan.

Usai pelaksanaan apel, Wabup pun menyerahkan sejumlah penghargaan kepada para guru dan siswa dari HST yang menorehkan prestasi baik tingkat provinsi maupun nasional. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

PENJUALAN ROKOK BATANGAN
2. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006

Member JMSI

Network

LAINNYA