iklan di pojokbanua

Simak, Rekomendasi Wisata di Kabupaten Banjar saat Libur Lebaran

waktu baca 2 menit
Senin, 17 Apr 2023 09:41 0 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Destinasi wisata selalu menjadi tujuan utama ketika liburan tiba. Indonesia sendiri tidak pernah kehabisan dalam menyajikan berbagai pesona alam, termasuk Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel).

IMG-20240616-WA0002

Melansir laman kalsel.bpk.go.id, berikut tiga destinasi favorit yang ada di Kabupaten Banjar.

*1. Lok Baintan*
Lok Baintan adalah pasar terapung yang masih bertahan hingga kini. Lokasinya terletak di Desa Sungai Pinang (Lok Baintan), Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalsel.

Pasar Terapung merupakan warisan budaya masyarakat Banjar yang konon sudah ada sejak ratusan tahun lalu, tepatnya zaman Kesultanan Banjar. Pasar Terapung Lok Baintan juga telah dinobatkan sebagai destinasi wisata nasional oleh pemerintah.

*2. Tahura Sultan Adam*
Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam merupakan destinasi wisata alam yang mempunyai luas lahan hutan sebesar 112.000 hektare. Secara administratif, tahura ini masuk ke dalam ranah dua kabupaten yang berbeda, yaitu Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut yang masuk dalam Provinsi Kalsel.

Nama Tahura ini diambil dari nama Sultan Adam Al-Watsiq Billah bin Sultan Sulaiman Saidullah II yang merupakan Sultan Banjar, memerintah dari tahun 1825 hingga 1857.

*3. Waduk Riam Kanan*
Waduk Riam Kanan merupakan bagian dari Taman Hutan Raya Sultan Adam yang berlokasi di Desa Aranio, Kecamatan Aranio. Waduk ini seluas lebih kurang 8.000 Ha dengan fungsi utama sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) satu-satunya di Provinsi Kalsel.

Objek wisata alam ini memiliki bentang alam yang menarik dengan panorama waduk, lembah dan bukit yang ada di sekelilingnya. Selain itu, suasana tenang dan pemandangan yang asri bisa kita temukan di sana. Di tengah-tengah waduk, terdapat pondok-pondok kayu terapung yang di sekitarnya ada jala-jala nelayan. (WF/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006

Member JMSI

Network

LAINNYA