iklan di pojokbanua

Silaturahmi Cegah Radikalisme, Terorisme dan Intoleransi

waktu baca 2 menit
Rabu, 2 Nov 2022 17:16 0 Alfian

POJOKBANUA,TANAH BUMBU – Upaya tangkal penyebaran ajaran radikalisme, terorisme dan intoleran, jajaran Polres Tanah Bumbu (Tanbu) silaturahmi kamtibmas di Masjid An-Nizaam yang berada pada lingkungan SMK Muhammadiyah, tepatnya Pasar Baru, Kecamatan Kusan Hilir, Rabu (2/11/2022).

Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Tri Hambodo melalui KBO Satintelkam, Iptu Eko Puji Santoso mengatakan silaturahmi kamtibmas itu digelar dalam meningkatkan daya tangkal dan kewaspadaan dini penyebaran radikalisme, terorisme dan intoleransi untuk mewujukan kamtibmas yang kondusif.

“Kita bisa lihat, beberapa hari lalu ada seorang wanita masuk Istana Negara dan membawa senjata api. Ini adalah salah satu ancaman teror yang dilakukan seorang perempuan dan ini bahaya sekali. Makanya, kita perlu cegah hal-hal seperti ini,” katanya.

Selain itu, faktor telepon genggam merupakan salah satu akses segala hal atau dunia tak terbatas. Sebab, dari sana hampir semua informasi ada yang baik hingga buruk sekalipun.

“Handphone (telepon genggam) harus digunakan dengan baik. Makanya kita laksanakan upaya pencegahan untuk menolak ajaran radikalisme, terorisme dan intoleransi,” imbuhnya.

H Abdul Hamid mewakili Kepala Kantor Kemenag Tanbu menyampaikan kepada anak pelajar yang rentan dipengaruhi. Sebab, pemuda-pemudi harus punya benteng diri untuk mencegah ajaran yang menyimpang atau radikal.

Islam tidak pernah mengajarkan radikalisme, terorisme dan intoleransi. Sosialisasi seperti ini adalah ruang untuk menyampaikan ajaran yang sebenarnya, jangan sampai ada penyimpangan mengatasnamakan agama. Saat ada bentuk kesalahpahaman, ini menjadi celah untuk merusak pemahaman Islam.

“Kami sangat dukung kegiatan polres untuk melakukan pencegahan dengan kegiatan seperti ini. Anak-anak perlu tahu, tidak ada jaminan di negara Islam bisa masuk surga tapi yang dilihat adalah keimanannya,” jelasnya.

Sasaran pelajar diberikan sosialisasi seperti itu dianggap sangat tepat, karena remaja masuk kategori rentan untuk terpengaruh dan dicuci otaknya. “Jangan percaya tipu daya dan iming-iming lainnya. Mari tingkatkan keimanan kita agar terhindar dari ajaran radikalisme, terorisme dan intoleransi,” sebutnya.

Sementara itu, Pimpinan DPD Muhammadiyah Tanbu, Abhsar mengapresiasi kegiatan Polres Tanah Bumbu.

“Kami berterima kasih kepada Polres Tanah Bumbu sudah menyempatkan diri berkunjung ke tempat ini untuk sosialisasi kepada anak-anak kita di sini,” tuturnya.

Seperti diketahui, pada acara sosialisasi itu jajaran Polres Tanah Bumbu juga menyerahkan bantuan ke masjid dan sekolah.(AA/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA