iklan di pojokbanua

Waspada Cuaca Ekstrem di Arab, Berikut Imbauan Kemenag Kalsel Bagi CJH

waktu baca 2 menit
Selasa, 14 Mei 2024 16:54 0 Khairun Nisa

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Menghadapi cuaca panas ekstrem yang melanda Kota Madinah, Arab Saudi beberapa waktu belakangan membuat Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan (Kalsel) menginbau para calon jemaah haji (CJH).

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalsel, Muhammad Tambrin meminta agar jemaah yang baru tiba di Madinah tidak memaksa diri untuk beribadah di Masjid Nabawi.

Mengingat, suhu cuaca panas di sana mencapai 40 derajat celcius. Hal ini agar para jemaah asal Kalsel tak jatuh sakit sebelum pelaksanaan ibadah haji dimulai.

“Tentu sudah kita buat imbauan khusus, di antaranya para jemaah kita minta menghindari terpapar matahari langsung, memakai penutup kepala, mengurangi berada di kerumunan, serta membawa semprotan berisi air bersih,” ujar Tambrin saat dihubungi pojokbanua.com, Selasa (14/5/2024).

Menurutnya, suhu panas di Madinah merupakan cuaca yang sebelumnya tak pernah dirasakan warga Kalsel. Sehingga, ia meminta agar calon jemaah haji asal Kalsel dapat menjaga kesehatan sebaik mungkin.

“Hindari pula beraktivitas banyak di luar ruangan, karena saat ini suhu di Madinah mencapai 39 hingga 40 derajat,” tegasnya.

Terkait ibadah sunnah yang biasa dilakukan di Masjid Nabawi, Tambrin meminta agar jemaah tak perlu memaksakan diri untuk melaksanakan ibadah sunnah tersebut.

“Terkhusus bagi lansia, jangan memaksakan diri melakukan ibadah sunnah apabila fisik tidak memungkinkan, lebih baik beribadah di hotel dulu saja,” pintanya.

Tidak lupa, ia mengingatkan agar para jemaah dapat membawa botol minum untuk menjaga asupan air dan menghindari dehidrasi selama melangsungkan ibadah.

“Selalu memakai alas kaki, menggunakan pelembab bibir dan wajah juga agar tidak kering. Semoga jemaah dari Kalsel selalu sehat hingga kembali ke tanah air,” tutupnya. (KN/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA