LN Resmikan Program Bantuan Budidaya Udang Rakyat di Kotabaru

waktu baca 3 menit
Kamis, 23 Nov 2023 14:18 0 107 Andy Arfian

POJOKBANUA, KOTABARU – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah melalui PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Kotabaru meresmikan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Electrifying Marine kepada Kelompok Budidaya Mandiri di Desa Sebelimbingan, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan pada Rabu (22/11/2023)

Kelompok yang menjalankan usaha budidaya udang ini mendapat bantuan berupa mesin aerator, pemasangan instalasi listrik 3.500 Volt Ampere, bibit udang, pupuk serta pakan udang.

Manajer Umum PLN UID Kalselteng melalui Manajer UP3 Kotabaru Syaifuddin menyatakan program ini dilaksanakan untuk membantu kelompok nelayan dalam mengembangkan usahanya agar menjadi contoh kegiatan usaha yang lebih ramah lingkungan.

“PLN ingin hadir mendampingi masyarakat untuk maju bersama sesuai misi PLN yakni menjadi pendorong kegiatan ekonomi dan menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan dengan beralih dari mesin berbahan bakar fosil ke listrik PLN melalui program Electrifying Marine,” kata Sayifuddin.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

Syaifuddin menambahkan, program yang diberi nama “Ada Listrik Dibalik Udang” menggambarkan bahwa listrik tidak hanya digunakan untuk penerangan, namun dapat dimanfaatkan untuk budidaya udang yang akan berdampak pada peningkatan roda perekonomian.

Ketua kelompok Budidaya Mandiri, Bahtiar (50) mengungkapkan rasa syukur atas diberikannya bantuan program TJSL Electrifying Marine ini.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada PLN yang telah memberikan bantuan, sehingga dapat meringankan biaya-biaya yang bagi sangat besar untuk dikeluarkan oleh kelompok nelayan seperti kami,” ujar Bahtiar.

Bahtiar berharap, dengan adanya bantuan dari PLN ini, akan memberikan manfaat besar bagi kelompoknya serta berdampak pada peningkatan hasil panen dan perputaran roda perekonomian.

“Semoga hasilnya lebih maksimal, sehingga anggota kelompok menjadi tambah bersemangat dalam melakukan budidaya ini.” kata Bahtiar.

Sementara itu, Bupati Kotabaru yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kota Baru Said Akhmad Assegaf juga turut mengapresiasi PLN atas program bantuan TJSL tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih kepada jajaran PLN yang telah mewujudkan bantuan ini baik berupa peralatan maupun sambungan listrik gratis di area budidaya, sehingga akan mampu mempermudah usaha kelompok Budidaya Mandiri Desa Sebelimbingan,” ujar Said Akhmad.

Kemudian Said Akhmad memberi pesan kepada penerima manfaat agar bantuan tersebut dijaga dan dirawat dengan baik, karena adanya pasokan listrik diharapkan dapat membuat area budidaya udang menjadi lebih ramah lingkungan.

“Sebelumnya para nelayan disini menggunakan mesin diesel berbahan bakar fosil untuk operasionalnya yang dapat mencemari lingkungan, akibatnya perkembangan budidaya udang di area ini menjadi terganggu,” sambung Said Akhmad.

Said Akhmad berharap, bantuan semacam ini akan terus diberikan kepada kelompok budidaya lainnya, karena Pemerintah Kabupaten Kotabaru sangat fokus memanfaatkan lahan pesisir untuk dijadikan tambak namun harus memiliki konsep ramah lingkungan dengan melibatkan program Electrifying Marine. Tujuannya agar kegiatan budidaya dapat berkelanjutan secara berwawasan lingkungan. (RLS/AY)

 

Editor: Andy Arfian

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020

Member JMSI

Network

LAINNYA