iklan di pojokbanua

Eksiskan Kembali Budaya, Para Seniman di Kabupaten Banjar Dirangkul

waktu baca 2 menit
Senin, 11 Des 2023 08:08 0 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Guna mengeksiskan kembali budaya, Disbudporapar Kabupaten Banjar merangkul para seniman melalui rapat koordinasi (rakor) bertema “Batamuan Bapandiran Buhan Seniman Banjar” pada salah satu rumah makan di Martapura, belum lama tadi.

Kegiatan tersebut diikuti perwakilan seniman yang tergabung dalam Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Banjar mulai dari penari, sinoman hadrah, musik panting, mamanda, wayang kulit Banjar dan lainnya.

Kepala Bidang Kebudayaan, Muhammad Syahid mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar terus merangkul para seniman untuk dapat menampung aspirasi, serta keinginan para seniman.

“Nantinya, akan disampaikan kepada kepala daerah sebagai pimpinan untuk dijadikan tindak lanjut sebagai upaya pemerintah dalam melestarikan kebudayaan, khususnya budaya Banjar,” kata Syahid.

Menurutnya, para pelaku seniman seperti Husni, Adrian dan Juna yang berprofesi sebagai pemain wayang kulit, mereka sering berperan aktif ikut serta dalam event-event yang berlevel provinsi maupun pusat.

“Beberapa grup wayang di Sungai Tabuk bahkan telah beberapa kali mewakili Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam event di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta,” ucapnya.

Dia menginginkan, peran seperti ini sepenuhnya diketahui oleh masyarakat Kabupaten Banjar, bahkan belum terdokumentasikan.

Sementara itu, Kasi Kesenian Ina Wangsih sangat mengapresiasi kepada para seniman yang terkumpul, sehingga nantinya dapat berkiprah kembali.

“Disbudporapar berusaha untuk memfasilitasi para seniman. Namun harus didukung oleh semua elemen, baik dari pemerintah itu sendiri, instansi lainnya serta masyarakat,” jelasnya.

Husni, salah satu seniman berharap adanya perhatian kembali dari pemerintah untuk memperhatikan para seniman dengan menyelenggarakan festival atau kegiatan kesenian Banjar.

“Selain itu, kami juga berharap adanya bantuan berupa alat musik atau seni bagi para pelaku grup yang ada di desa-desa, juga keterlibatan para seniman dalam kegiatan pemerintah,” pungkasnya.(WF/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA