iklan di pojokbanua

Pj Bupati Batola Sebut Pelatihan Berbasis Kompetensi Disnakertrans Tingkatkan Keterampilan

waktu baca 2 menit
Rabu, 24 Apr 2024 19:31 0 Donny Irwan

POJOKBANUA, MARABAHAN – Penjabat (Pj) Bupati Barito Kuala (Batola), Mujiyat mengatakan Program Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap I tahun 2024 yang diselelenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Batola dapat meningkatkan dan mengembangkan keterampilan serta keahlian tenaga kerja yang terampil, kompetitif, dan profesional.

Hal itu disampaikan Mujiyat melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan, Akhmad Mawarni saat Pembukaan Program Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap I, di Aula Unit Pelaksanaan Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK), Marabahan, Rabu (24/4/2024).

Mujiyat menilai penyelenggaraan pelatihan tesebut sangat penting dan strategis dalam rangka pengembangan ekonomi yang berbasis pada kebutuhan pasar kerja.

“Tenaga kerja yang kompeten tidak hanya mempunyai skill semata, tetapi juga memiliki sikap mental dalam bekerja. Jika hard skill adalah kemampuan dan keterampilan bekerja, maka soft skill adalah sikap kerja yang baik, disiplin dan semangat, atau termotivasi untuk maju, apalagi menghadapi bonus demografi mendatang,” katanya.

Ia berharap pelatihan ini dapat meningkatkan keterpaduan dan kerja sama antar instansi terkait, lembaga pendidikan, vokasi dan lembaga pelatihan kerja. Selain itu juga mampu meningkatkan koordinasi, sinkronisasi dan sinergitas pelaksanaan program dan kegiatan, serta pengembangan keterampilan tenaga kerja yang kompetitif di Barito Kuala.

“Peserta pelatihan harus memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya agar memperoleh keterampilan serta karakter kerja yang terlatih dan kompeten sebagai bekal menjadi wirausaha mandiri maupun dunia kerja lainnya,” tutupnya.

Kepala UPTD BLK Batola, Sahminan mengatakan, tujuan pelatihan berbasis kompetensi ini untuk meningkatkan kompetensi bagi para pencari kerja yang belum punya keterampilan, baik secara soft skill maupun hard skill.

“Nah, mereka ini siap kerja dan bisa menjadi wirausaha mandiri baru yang dapat membuka lapangan kerja baru,” ujarnya. (DN)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA