Perkembangan Persediaan dan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Idul Fitri: Analisis Bupati Tanbu

waktu baca 2 menit
Rabu, 27 Mar 2024 12:27 0 54 Pojok Banua

POJOKBANUA, BATULICIN – Dalam sebuah jumpa pers yang diselenggarakan, Rabu (27/03/2024), Bupati Tanbu, Zairullah Azhar, memberikan insight tentang kondisi persediaan bahan kebutuhan pokok dan perkembangan harga menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Didampingi oleh sejumlah pejabat terkait seperti Sekda Ambo Sakka dan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMP2) Hamaluddin Tahir, Bupati Azhar menjelaskan situasi saat ini.

Menurut beliau, persediaan bahan kebutuhan pokok di tingkat distributor, pedagang besar, dan pengecer saat ini terbilang cukup hingga tiga bulan ke depan. Meskipun demikian, terdapat beberapa fluktuasi harga, dengan kenaikan terjadi pada beberapa komoditas seperti beras, minyak goreng, telur, dan daging.

Namun, ada pula komoditas seperti bawang dan cabe yang mengalami penurunan harga. Cabe merah besar, cabe merah keriting, dan cabe rawit hijau, misalnya, mengalami penurunan harga signifikan. Bupati Azhar juga memberikan proyeksi bahwa terjadi kenaikan harga pada daging sapi menjelang lebaran, serta potensi kenaikan harga pada cabe kering.

Untuk menjaga inflasi di Tanbu, Bupati Azhar menyatakan bahwa upaya telah dilakukan dengan menggelar pasar murah di 12 Kecamatan se-Tanah Bumbu. Sebelumnya, Tim Satgas Pangan Tanah Bumbu telah melakukan pengawasan harga dan distribusi pangan di beberapa titik di wilayah tersebut, termasuk Pasar Tradisional, Toko Modern, dan Pergudangan.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

Dengan informasi ini, diharapkan masyarakat dapat mempersiapkan diri menghadapi Hari Raya Idul Fitri dengan lebih baik, sambil tetap memperhatikan fluktuasi harga dan persediaan bahan kebutuhan pokok. (rls)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA