iklan di pojokbanua

PLN Manfaatkan Energi lewat Kendaraan Listrik di Kapuas

waktu baca 2 menit
Senin, 22 Agu 2022 19:05 0 Nanang Apidae

POJOKBANUA, BANJARMASIN – PT PLN (Persero) terus mendorong pemanfaatan energi bersih dan terjangkau dengan melibatkan Pemerintah Daerah dan masyarakat melalui penggunaan kendaraan listrik.

IMG-20240616-WA0002

Manager PLN UP3 Kuala Kapuas, Arief Rahman Hakim menyampaikan, ajang pembuktian kepada seluruh stakeholder yang hadir serta masyarakat menyaksikan bahwa menggunakan motor listrik lebih nyaman, aman, efisien dan ramah lingkungan.

“Menjadi suatu kehormatan bagi PLN karena mendapat dukungan dari Bupati Kuala Kapuas dan seluruh jajaran pemerintahan. Parade ini, bukan sekedar perjalanan bersama menggunakan motor listrik mengelilingi kota,” ujarnya kepada awak media, Senin (22/8/2022).

Menurutnya, kendaraan listrik juga disebut masa depan. Sebab, kendaraan listrik memiliki berbagai keunggulan dibanding kendaraan konvesional dengan Bahan Bakar Minyak (BBM). Salah satunya, penggunaan BBM listrik lebih efisien sekitar 50 persen jika dibanding motor bensin.

“Selain efisien, kendaraan listrik juga rendah emisi sehingga lebih ramah lingkungan. Penggunaan motor listrik tentu sejalan dengan program pemerintah untuk mendukung transisi energi dan target Net Zero Emission pada 2060,’’ lanjutnya.

Ia menambahkan, cadangan pasokan daya mampu PLN melalui sistem interkoneksi Barito-Mahakam mencapai 475 MW. Sehingga, sangat cukup untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik khususnya di Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Setelah saya tadi coba naik mobil listrik dan setir sendiri ternyata sama saja dengan mobil biasa. Bahkan, lebih enak karena tidak ada berisik suara mesin, kita jadi lebih tenang,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kapuas, Ben Berahim mengapresiasi sinergisitas yang selama ini telah terjalin antara Pemkab Kuala Kapuas dengan PLN yang terus berupaya mendorong kemajuan.

“Terima kasih PLN yang telah menginisiasi kegiatan ini, akan kita dukung dan mulai sekarang beralih ke mobil dan motor listrik. Kita tunjukkan Kapuas bangkit dengan mengurangi emisi,” tambahnya.

Hingga Agustus 2022, tercatat sudah tersedia dua unit SPKLU PLN beroperasi di Palangka Raya Kalteng dan Banjarbaru Kalsel. Serta, tersebar pada 80 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di Kalselteng. (NS/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA