harjad bjb idul ftr 1445 PB
harjad bjb idul ftr PB

Peringatan Puncak Hari Jadi Tanah Laut ke-58: Kesenian, Kuliner, dan Rencana Pembangunan

waktu baca 2 menit
Selasa, 5 Des 2023 14:57 0 172 Yawafie

Treatrikal Kerajaan Tanah Laut dan Negeri Babussalam

Idul Fitri (1)
harjad bjb - m ikhsan
harjad bjb - gt manggis
harjad bjb - t baskoro
harjad bjb - rsd idaman
IMG-20240420-WA0002
IMG-20240420-WA0007

POJOKBANUA, PELAIHARI – Pagi ini, Selasa (5/12/2023) Kabupaten Tanah Laut merayakan peringatan puncak Hari Jadi ke-58 dengan rangkaian acara meriah di halaman kantor Bupati Tanah Laut. Sambutan dari Penjabat (Pj) Bupati Tanah Laut, diiringi dengan pertunjukan treatrikal Kerajaan Tanah Laut dan Negeri Babussalam, mengawali pagi yang penuh semangat.

Dalam suasana kebudayaan yang kental, treatrikal fiksi yang dikisahkan melibatkan elemen kerajaan Tanah Laut dan negeri Babussalam (Kalimantan Selatan) memberikan nuansa kolosal dan keindahan tradisi lokal. Pengunjung diajak untuk menyaksikan penampilan seni yang memukau, menggambarkan kekayaan warisan budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Tanah Laut.

Penampilan Kesenian dari Suku Banjar, Suku Dayak, dan Suku Jawa

Acara selanjutnya dimeriahkan dengan penampilan kesenian Mamanda dan tari adat yang mencerminkan keberagaman suku di Tanah Laut. Suku Banjar, Suku Dayak, dan Suku Jawa turut meramaikan acara dengan keunikan budaya mereka, menciptakan perpaduan harmonis yang menjadi kekayaan tersendiri bagi Kabupaten Tanah Laut.

Warung Gratis dan Bagi-Bagi Durian

Untuk memanjakan pengunjung yang hadir, di depan kantor Bupati Tanah Laut disediakan warung gratis dengan beragam kuliner khas daerah. Masyarakat yang berkunjung dapat menikmati sajian lezat secara gratis sebagai bagian dari perayaan bersama. Selain itu, Penjabat Bupati Tanah Laut beserta Gubernur Kalimantan Selatan juga menyelenggarakan bagi-bagi durian, menambah keceriaan acara.

Gotong Royong Membangun Banua

Dalam wawancara saat ditemui awak media, Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, menyampaikan ucapan selamat ulang tahun untuk Kabupaten Tanah Laut yang ke-58. Ia berharap semua prestasi dan kemajuan yang telah dicapai dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Saya mengajak semua pihak untuk terus bersatu padu, berkolaborasi, dan menjaga sinergisitas. Gotong royong dalam membangun wilayah kita, termasuk Kabupaten Tanah Laut, adalah kunci keberhasilan,” ungkap Sahbirin Noor.

Tanah Laut jadi Lumbung Pangan Kalsel

Dalam wawancara lainnya, Penjabat Bupati Tanah Laut, Syamsir Rahman, menyampaikan harapannya untuk kemajuan daerah ini. Ia menyoroti potensi daerah pesisir yang perlu dikembangkan lebih maksimal, terutama dalam sektor perikanan dan kelautan.

“Kita perlu fokus pada pengembangan potensi yang ada, seperti perikanan dan kelautan. Sumber daya alam harus dimanfaatkan secara berkelanjutan. Saya berkomitmen untuk mengembalikan Tanah Laut sebagai lumbung pangan Kalimantan Selatan,” jelas Syamsir Rahman.

Pengembangan infrastruktur, peningkatan kualitas hidup masyarakat, serta program-program penanggulangan kemiskinan dan kesehatan menjadi fokus utama pembangunan yang diusung oleh Penjabat Bupati.

Peringatan puncak Hari Jadi Tanah Laut yang ke-58 diharapkan bukan hanya menjadi momen perayaan semata, tetapi juga sebagai awal perjalanan menuju kemajuan yang berkelanjutan bagi kabupaten yang kaya akan budaya dan potensi alamnya ini. (NR)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005

Member JMSI

Network

LAINNYA