iklan di pojokbanua

Aturan Baru Naik Pesawat: Belum Vaksin Booster Dilarang Terbang, Kecuali ini

waktu baca 2 menit
Selasa, 30 Agu 2022 15:49 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) telah mengeluarkan aturan terbaru, terkait Surat Edaran (SE) Nomor 82 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri (PPDN) dengan Transportasi Udara pada masa pandemi Covid-19. Termasuk, pemberlakuan aturan di Bandara Internasional Syamsudin Noor.

IMG-20240616-WA0002

Dalam SE ini, PPDN berusia 18 tahun ke atas wajib telah mendapat vaksin dosis ketiga (booster). Namun, tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen dan dapat melakukan perjalanan dalam negeri dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Penumpang usia 18 tahun ke atas yang memiliki dosis vaksin Covid-19 belum lengkap atau baru menerima dosis vaksin pertama atau kedua, dilarang melakukan perjalanan dengan pesawat udara.

Saat dikonfirmasi, Stakeholder Relation Manager PT. Angkasa Pura I Cabang Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin, Ahmad Zulfian Noor mengatakan, pihaknya akan mengarahkan calon penumpang untuk melakukan vaksinasi di fasilitas layanan kesehatan terdekat.

“Saat ini (di Bandara Internasional Syamsudin Noor) belum ada (pelayanan vaksinasi). Namun, kita sarankan di Kantor Kesehatan Pelabuhan Banjarmasin atau puskesmas terdekat,” ucap Zulfian kepada pojokbanua.com, Selasa (30/8/2022) pagi.

Lalu, apakah dengan dikeluarkannya SE ini berpengaruh terhadap jumlah lalu lintas penumpang di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin? Zulfian belum bisa memastikan, karena SE ini baru sehari dikeluarkan.

“(Saat ini) belum ada pengaruh. Kita masih memonitor,” singkatnya.

Sementara itu, General Manager (GM) Garuda Indonesia Banjarmasin, Endy Latief menuturkan, dikeluarkannya SE Kemenhub Nomor 82 Tahun 2022 tidak berpengaruh tehadap keterisian pesawat maskapai pelat merah yang terbang dari Banjarmasin maupun sebaliknya.

“Untuk Garuda Indonesia, saat ini (keterisian pesawat) tidak terpengaruh. Karena penumpang Garuda Indonesia rata-rata sudah (menerima vaksinasi) booster,” pungkasnya. (FN/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA