Pengalihan Rute saat Haul Guru Sekumpul, Berikut Jalur Alternatifnya

waktu baca 2 menit
Jumat, 12 Jan 2024 14:01 0 596 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Pengalihan rute di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk jalur angkutan barang atau truk berkapasitas besar mulai berlaku saat Haul Abah Guru Sekumpul ke-19 berlangsung.

Kapolres Banjar, AKBP Ifan Hariyat Taufik, mengungkapkan pada 12 Januari 2024, pihaknya bersama tim gabungan sudah mulai melakukan pemantau di lapangan.

“Pengalihan arus bersifat tentatif, akan diimplementasikan jika lalu lintas menjadi padat,” ujarnya kepada sejumlah awak media, Jumat (12/1/2023).

Jika volume kendaraan meningkat, terutama truk berkapasitas empat dan enam, arus lalu lintas akan diarahkan sesuai rekayasa lalu lintas. Pemetaan rute pada hari pelaksanaan haul telah ditentukan bersama tim gabungan.

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

“Pada hari H, semua arus menuju Martapura sebagai jalur satu arah. Arus dari Hulu Sungai (Banua Enam), Tanah Laut, dan Banjarmasin akan dialihkan ke dalam untuk semua kendaraan,” tambahnya.

Pada 14 Januari 2024, pukul 00.00 Wita, akses utama akan ditutup. “Kendaraan besar seperti truk akan dialihkan melalui Simpang 3 Haji Duan menuju Trikora Banjarbaru jika volume kendaraan meningkat,” lanjutnya.

Ketika jemaah Haul Guru Sekumpul ke-19 pulang, terutama ke Kalimantan Tengah (Kalteng), mereka dapat menggunakan jalur yang ditentukan oleh tim gabungan pengamanan lalu lintas.

“Jemaah dari Hulu Sungai dapat melalui Margasari (Tapin) dan Handil Bakti (Batola) belok kanan,” imbuhnya.

Arah menuju Banjarmasin juga akan diarahkan melalui jalur tertentu. “Jemaah dari Haji Duan keluar di Trikora (Banjarbaru) kembali ke Jalan Ahmad Yani, Kilometer (KM) 7, Kertak Hanyar (Kabupaten Banjar),” ungkap Ifan.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Banjar, AKP Risda Idfira menjelaskan bahwa kendaraan non jemaah dapat menggunakan jalur alternatif jika poros utama ditutup.

“Mobil besar (truk pengangkut barang) sudah dialihkan ke Kilometer (Km) 94 dan bisa melintas di Sungai Puting. Kendaraan besar juga dapat melalui Km 71 menuju Bakumpai dengan bantuan dari jajaran Polres Tapin,” katanya.

Ia menegaskan, jika jalan poros utama sudah dipenuhi oleh jemaah, maka akan ditutup dan dialihkan ke jalur alternatif. “Apabila sudah penuh, Jalan Haji Duan ditutup dan kendaraan dialihkan melalui By Pass ke Banjarbaru,” tutupnya. (WF/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA