Pemilih Pemula Belum Paham Pemilu, Bakesbangpol Banjarbaru Beri Pendidikan Politik

waktu baca 2 menit
Senin, 18 Des 2023 14:58 0 170 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Masih adanya pemilih pemula dalam Pemilu 2024 yang belum memahami kepemiluan, termasuk tata cara menyalurkan hak pilih, mendorong Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Banjarbaru memberikan pendidikan politik dalam bentuk sosialisasi pada Senin (18/12/2023) pagi.

Salah satu peserta sosialisasi adalah Muhammad Hatib, yang merupakan salah satu santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ilmi Banjarbaru. Dirinya mengaku pertama kali menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

“Awalnya saya belum mengetahui tentang kepemiluan. Jadi, saya ikut sosialisasi ini supaya tahu,” ucapnya saat ditemui pojokbanua.com usai sosialisasi.

Saat mengikuti sosialisasi, Hatib pun mendapat banyak wawasan dan pengetahuan terkait Pemilu 2024. Termasuk cara menyalurkan hak pilihnya di hari pencoblosan, maupun contoh pelanggaran pemilu.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

“Tadi saya dapat dapat wawasan, seperti cara-cara menyoblos dan pelanggaran-pelanggaran pemilu. Saya jadi tertarik untuk menyalurkan hak pilih,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol Banjarbaru, Rizana Mirza menuturkan, sosialisasi yang digelar di salah satu hotel berbintang di Banjarbaru ini, merupakan bagian dari pendidikan politik kepada pemilih pemula. Karena, para pemilih pemula ini harus didorong partisipasinya untuk ikut menyukseskan pemilu.

“Tadi juga kami menyampaikan terkait hak dan kewajiban mereka. Kebetulan peserta spsialisasi berasal dari wilayah Landasan Ulin, karena banyak anak-anak pesantren dan kalangan SMA dan SMK,” tuturnya.

Rizana menegaskan, pendidikan politik dalam bentuk sosialisasi ini penting dilakukan. Guna menambah wawasan sekaligus meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam Pemilu 2024.

Dalam sosialisasi sendiri, Bakesbangpol Banjarbaru juga melibatkan pembicara, yakni Ketua Bawaslu Banjarbaru, Nor Ikhsan dan Komisioner KPU Banjarbaru, Hereyanto.

“Dari KPU dan Bawaslu juga menyampaikan hal-hal teknis, supaya suara yang mereka berikan sah,” tuntas Rizana. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA