Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Banjarmasin Terima Penghargaan Upakarti

waktu baca 3 menit
Rabu, 10 Mei 2023 20:00 0 96 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Ketua Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Banjarmasin, Arifin, meraih penghargaan Upakarti kategori Jasa Pengabdian, yang diberikan Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Penyerahaan penghargaan di Kantor Kementerian Perindustrian Rl, Jalan Gatot Subroto Kavling 52-53, Kuningan, Jakarta Selatan, dihadiri langsung Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Kehadiran orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai tersebut, selain undangan langsung dari pihak kementerian, juga sebagai apresiasi atas keberhasilan Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Kota Banjarmasin, yang dinilai telah mengharumkan nama Kota Banjarmasin dalam bidang jasa pengabdian kemasyarakatan .

“Selamat untuk Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar. Arifin ini Pemuda Pelopor kota Banjarmasin tahun 2015, dan sudah melalang buana. Alhamdulillah akhirnya tahun ini masuk kategori untuk jasa pengabdian dan mendapatkan penghargaan yang sangat bergengsi yaitu Upakarti Tahun 2022,” ujar H Ibnu Sina, Rabu (10/5/2023).

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

Dikatakannya, untuk meraih penghargaan Upakarti kategori Jasa Pengabdian, bukanlah hal yang mudah. Hal ini dikarenakan menyaringan dalam menentukan siapa yang berhak mendapatkan penghargaan bergensi tersebut cukup banyak.

Untungnya lagi, cecar Ibnu, kategori yang diterima Ketua Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Kota Banjarmasin ini adalah kategori perongan, sehingga Pemko Bnajarmasin merasa perlu untuk memberikan apresiasi kepada arifin sebagai ketua Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Kota Banjarmasin.

“Itu memang kategorinya sangat-sangat ketat sekali, dan untuk yang perseorangan baru Arifin,” katanya.

Terkait sepak terjang Arifin bersama Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Kota Banjarmasin dalam kegiatan pengabdian ke masyarakat, lebih jauh, pemimpiin masyarakat Bumi Kayuh Baimbai ini mengatakan, kegiatannya tak hanya dalam skala local dan nasional, tetapi saat ini sudah merambah hingga ketingkat internasional.

Lebih membanggakan lagi, dalam kegiatan dilevel internasional tepatnya saat mengikuti event Inakraf, Arifin juga berhasil mendapatkan perusahaan global berasal dari luar Indonesia yang sangat tertarik dengan produk unggulan Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Banjarmasin, yakni kain sasirangan dan bakul purun.

Selain berhasil mengenalkan kain khas Banjarmasin dan produk UKM lokal, apa yang telah dilakukan Arifin membawa dampak bagus bagi perekonomian masyarakat.

“Selamat sukses teruslah mendapat kebaikan dan juga membina UKM kita, dan para pelaku UMKM juga harus kita bina. Karena keunggulan Kota Banjarmasin ini diantaranya adalah SDM, kemudian juga tidak lupa potensi-potensi lokal ada di sini seperti Arifin dan teman-teman,” lugas Ibnu.

Dia pun berharap, selain melakukan pembinaan kepada masyarakat umum dan berkebutuhan khusus, Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Kota Banjarmasin juga bisa melakukan pembinaan terhadap masyarakat yang berada di dalam pengawasan rumah tahanan, terutama bagi para narapidana yang memasuki masa asmilasi.

“Sehingga nanti setelah keluar dari pembinaan biar mereka bisa bekerja secara mandiri untuk menghidupi keluarganya, dan tidak lagi melakukan kegiatan ataupun kejahatan-kejahatan yang menyebabkan dia nanti akan kembali lagi ke lembaga kemasyarakatan,” pungkasnya. (prokom-banjarmasin/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020

Member JMSI

Network

LAINNYA