iklan di pojokbanua

Wisata Religi di Banjarmasin, Ribuan Peziarah Kunjungi Kubah Basirih

waktu baca 2 menit
Sabtu, 13 Apr 2024 20:57 0 Khairun Nisa

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Suasana ramai tak pernah sepi terjadi di Kubah Habib Basirih, ribuan peziarah datang dan pergi setiap harinya.

Tak hanya dari Banjarmasin, peziarah datang dari berbagai kabupaten/kota di Kalimantan Selatan, hingga Kalimantan Tengah.

“Dalam sehari kisaran 5.000 sampai 10 ribu jemaah, itu parkiran bus bisa sampai 50 an. Kalau parkir mobil biasa sudah tidak bisa dihitung,” sebut Ketua Pokdarwis Kubah Basirih, Husein Luthfi, Sabtu (13/4/2024).

Terhitung, para peziarah mulai ramai melakukan wisata religi sejak hari pertama lebaran Idulfitri 1445 Hijriah. Hal ini dikatakan Husein lantaran musim liburan yang dimanfaatkan peziarah untuk mengunjungi makam habib.

“Karena momentum libur lebaran ini, semakin mendekati akhir liburan. Semakin ramai, jadi puncaknya itu nanti pas mau akhir libur lebaran,” katanya.

Bahkan, terpantau media pojokbanua.com, kondisi di dalam kubah makam Habib Hamid bin Abbas Bahasyim (Habib Basirih) ramai keluar masuk jemaah.

“Itu jemaah sampai ada yang menginap juga, beristirahat di musala. Pokoknya selama lebaran ini 24 jam ada terus peziarah itu datang,” ujar Husein.

Salah satu peziarah asal Rantau, Normaini (39) mengaku memang berniat untuk ziarah ke kubah basirih ini. Selain karena nazar atau ada keinginan, ia menyebut wisata religi ini telah sering ia lakukan baik bersama rekan maupun keluarga.

“Kali ini sama keluarga, sekitar 25 orang pakai tiga mobil. Jadi tadi singgah juga di makam Datu Sanggul dan Kalampayan, baru ke Kubah Basirih ini,” ucap Normaini.

Normaini pun kagum dengan perubahan yang terjadi di kubah basirih, yang kini telah memiliki dermaga air baru untuk menjadi spot swafoto.

“Semoga ke depan lebih baik lagi, lebih banyak lagi perbaikannya,” harapnya.

Senada dengan itu, peziarah lain dari Awayan, Balangan, Mariana. Ia dan keluarga menyewa taksi colt untuk berwisata religi di Kabupaten Banjar dan Banjarmasin.

“Tadi singgah di sekumpul, kemudian juga ke Guru Zuhdi, baru ke sini. Bersama keluarga puluhan orang, pakai taksi,” ungkap Mariana.

Wisata religi ini, bukan yang pertama kali dilakukan oleh Mariana. Melainkan sudah sering dan rutin dilakukan baik itu jelang bulan suci Ramadan maupun libur lebaran.

“Memang sudah tradisi, setiap tahunnya baik mau puasaan ataupun pas lebaran,” tutupnya. (KN/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006

Member JMSI

Network

LAINNYA