iklan di pojokbanua

Waspada Bahaya Sepilis, Bisa Menular dari Ibu ke Anak!

waktu baca 2 menit
Minggu, 22 Okt 2023 09:15 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Temuan satu kasus sepilis di kawasan eks lokalisasi Pembatuan, Kelurahan Landasan Ulin Timur, Kecamatan Landasan Ulin menjadi bukti bahwa praktik prostitusi masih marak terjadi di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

IMG-20240616-WA0002

Epidemolog Kesehatan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarbaru, Edi Sampana mengaku, sejak berdirinya Puskesmas Landasan Ulin Timur selama tiga tahun terakhir, masih banyak wanita tunasusila yang belum berobat ke puskesmas sebagai upaya deteksi dini sepilis maupun HIV.

“Mereka mungkin malu atau bagaimana, sehingga tidak mau memeriksa diri atas kesadaran sendiri,” ujarnya saat ditemui pojokbanua.com, belum lama tadi.

Edi mengingatkan, bahaya penyakit yang ditularkan dari hubungan kelamin. Terlebih bagi ibu hamil yang rentan menularkan sepilis ke anaknya, sehingga mendorong pemerintah untuk menggencarkan pemeriksaan sepilis bagi ibu hamil.

“Sepilis itu tanpa gejala di awal, tertular dari suami yang suka ‘jajan’ dan menularkan ke istrinya. Semua ibu hamil kita periksa agar tidak ada sepilis yang menular dari ibu ke anak,” bebernya.

Lalu, apa dampak sepilis bagi anak? Edi menuturkan bahwa akibat sepilis yang ditularkan dari ibu ke anak, membuat sang anak mengalami cacat hingga gigi yang tak sempurna.

Kendati begitu, Edi menerangkan sepilis dapat diobati jika wanita tunasusila yang mengidapnya rutin berobat ke puskesmas.

“Ada (pengobatannya), seperti suntikan penisilin sebanyak 1 sampai 3 kali. Tapi ada juga obat yang dapat diminum,” pungkasnya. (FN/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA