iklan di pojokbanua

Warga Meratus HST Harapkan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Air

waktu baca 2 menit
Minggu, 19 Mei 2024 19:10 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Warga yang tinggal di kawasan Pegunungan Meratus, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) sudah sejak dulu aktif menjaga sumber air. Hal itu merupakan bagian dari kehidupan mereka.

IMG-20240616-WA0002

Ada tiga Daerah Aliran Sungai (DAS) utama yang terdapat di HST antara lain DAS Batang Alai, DAS Barabai dan DAS Haruyan. Potensi air sungai itu dimanfaatkan oleh perusahaan air minum daerah, PT Air Minum Murakata Lestari (AMML).

Walau telah menghasilkan dan menyumbang pendapatan ke daerah, akan tetapi masyarakat di Meratus mempertanyakan tidak pernah merasakan tanggung jawab sosial perusahaan berupa CSR secara langsung atas timbal balik mereka yang telah menjaga mata air itu.

Salah satu tokoh masyarakat di Kecamatan Batang Alai Timur (BAT), Kosim mengatakan, semestinya ada program khusus dari perusahaan yang bisa menyasar ke daerah Meratus.

Menurutnya, banyak hal yang bisa dilakukan perusahaan untuk memberdayakan masyarakat. Seperti membantu program pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan beragam program lainnya.

“Berulang kali sudah saya tanyakan, semestinya harus ada timbal balik yang bisa dirasakan masyarakat Meratus yang sudah sejak dulu menjaga hutan dan sumber mata air ini. Jangan hanya disuruh menjaga saja,” tuturnya, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Plt Direktur PT AMML, Bahrul Ulum menerangkan bahwa dalam program CSR ini pihaknya telah menggandeng Baznas HST untuk menunaikan tanggung jawab sosialnya untuk masyarakat.

“Untuk program CSR, kami bekerja sama dengan Baznas HST untuk melaksanakan berbagai program ke masyarakat,” ucapnya, Kamis (16/5/2024) lalu.

Saat ini, pihaknya telah memiliki pelanggan sekitar 19 ribu yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten HST. Untuk masukan dari warga Meratus, pihaknya mengakui akan merapatkan hal itu ke depan. (MH/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
2. Infografis sosmed 10 penyakit
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA