harjad bjb idul ftr 1445 PB
harjad bjb idul ftr PB

Warga Guntung Manggis Keluhkan Debu dari Pabrik Kapur

waktu baca 2 menit
Kamis, 8 Jun 2023 13:42 0 107 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Warga Jalan Guntung Paring, Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin mengeluhkan debu. Di mana, debu berasal dari adanya aktivitas pabrik kapur di sekitar permukiman warga.

Idul Fitri (1)
harjad bjb - m ikhsan
harjad bjb - gt manggis
harjad bjb - t baskoro
harjad bjb - rsd idaman
IMG-20240420-WA0002
IMG-20240420-WA0007

Ketua RT. 36 RW. 07 Kelurahan Guntung Manggis, Nadiansyah mengungkapkan bahwa debu dari aktivitas pabrik kapur bertebaran hingga permukiman warga. Selain itu, getaran dari mesin pemecah batu kapur sendiri, juga kerap kali dikeluhkan warga.

“Debu dari pabrik kapur yang banyak dikeluhkan warga,” ujarnya saat ditemui pojokbanua.com, Kamis (8/6/2023) pagi.

Akibat debu dari aktivitas pabrik kapur, Nadiansyah menyebut ada sejumlah warga yang mengalami batuk-batuk. Terutama bayi dan anak-anak yang tinggal tak jauh dari pabrik itu.

“Ada yang batuk-batuk,” imbuhnya.

Sehingga, sebagian warganya menyampaikan keluhan debu pabrik kepadanya secara langsung. Ia sendiri, bersama jajaran Kelurahan Guntung Manggis sempat mengecek lokasi termasuk aktivitas di pabrik kapur pada pekan lalu.

“Laporannya masuk awalnya tak masuk di RT sini, namun di RT tetangga. Hanya karena pabrik ada di RT saya, namun warga saya juga ada yang mengeluhkan,” jelas Nadiansyah.

Sementara itu saat dikonfirmasi, pengawas pabrik kapur di Jalan Guntung Paring, Fidam mengakui banyaknya keluhan warga yang diterimanya, karena debu dari aktivitas pabrik kapur yang ia awasi. Ia mengatakan, pabrik kapurnya langsung membeli alat blower untuk menyedot debu.

“Permintaan warga sudah kita penuhi. Jadi blower sudah kita beli, dan kita siapkan untuk menekan penyebaran debu tadi,” tuturnya.

Sebelumnya, Fidam menerangkan, pabrik kapur ini telah memiliki blower. Hanya kapasitas blower sebelumnya tak begitu besar.

“Jadi kita perbesar kapasitas blowernya,” tambahnya.

Kendati blower berkapasitas besar ini baru tiba dan belum dipasang di pabrik kapur, Fidam berharap debu dari aktivitas pemecahan batu kapur tak lagi bertebaran hingga ke permukiman warga.

“Supaya menyedot debunya bisa maksimal,” tandasnya. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221229-WA0030
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA