Warga Desa Awang Bangkal Timur Demo, Ternyata Ini Perkaranya

waktu baca 2 menit
Senin, 4 Des 2023 16:21 0 510 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Ratusan warga demo di Kantor Desa Awang Bangkal Timur menuntut pambakal serta aparat desanya untuk segera mundur dari jabatannya, Senin (4/12/2023).

Terpantau pojokbanua.com, kedatangan ratusan warga tersebut juga untuk bertanya kejelasan terkait hak atas uang fee dugaan hasil aktivitas pertambangan galian C yang selama tiga tahun terakhir ke Pemerintah Desa (Pemdes) Awang Bangkal Timur.

Ketua Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Awang Bangkal Timur, M. Attoillah mengatakan, kedatangan ratusan masyarakat ini hanya ingin meminta kejelasan terkait hasil penjualan atau ganti rugi lahan di kawasan Gunung Pelawangan.

“Sepengetahuan kami, lahan tersebut dijual sebesar Rp500 juta. Kemudian, uangnya digunakan untuk pembangunan masjid Rp190 juta. Selebihnya, kami tidak tahu uang hasil pertambangan tersebut dikemanakan,” ujarnya.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

Adapun, Pemdes Awang Bangkal Timur disebut ada melakukan pembangunan toilet atau WC dan pengadaan satu unit mobil ambulans untuk masyarakat. Namun, dirinya tidak mengetahui terkait anggaran yang digunakan pemdes menggunakan dana desa atau uang fee dari pertambangan.

“Saya tidak mengetahui pembangunan tersebut menggunakan dana mana, terlebih saya menjabat sebagai Ketua BPD baru di periode ini,” jelasnya.

Kata dia, tuntutan warga hanya ingin menanyakan apakah pihak penambangan ada memberikan uang fee kepada masyarakat. Jika ada, berapa dan kemana dana tersebut.

Salah satu warga Desa Awang Bangkal Timur, Asih membenarkan pertanyaan itu. “Si pembeli lahan dulu pernah menjanjikan untuk memberikan uang per Kartu Keluarga (KK). Akan tetapi, sudah tiga tahun berjalan uangnya tidak ada kami terima melalui pemdes. Kami tuntut hak kami, kalau tidak ada kejelasan kita lengserkan saja semua aparat desa,” cetusnya. (WF/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

2. Infografis sosmed 10 penyakit
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA