iklan di pojokbanua

Volume Sampah di Banjarmasin Meningkat 15 Persen DLH: Faktor Ekonomi yang Membaik

waktu baca 2 menit
Selasa, 16 Apr 2024 19:14 0 Khairun Nisa

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Volume sampah yang dihasilkan masyarakat Banjarmasin pasca Idulfitri 1445 H, meningkat 10 hingga 15 persen di banding hari biasanya.

Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, Marzuki mengakui, volume sampah yang mengalami kenaikan itu disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah faktor ekonomi.

“Di antaranya karena perekonomian sudah mulai membaik,” ujar Jack, sapaan akrabnya, Selasa (16/4/2024).

Adapun peningkatan sampah terbanyak disebutkan Jack merupakan sampah kemasan, rumah tangga, dan sisa makanan. Namun, Jack mengatakan jika pihaknya terus berupaya mencegah adanya penumpukan sampah. Bahkan, pengangkutan sampah dilakukan secara rutin selama lebaran.

“Jadi mencegah untuk adanya penumpukan, kita upayakan pengangkutan secara rutin. Tapi ini sudah mulai normal kembali karena sudah sepekan lebaran,” katanya.

Meski pencegahan telah dilakukan, Jack tidak memungkiri bahwa masih ada sejumlah tempat pembuangan sementara (TPS) yang mengalami peningkatan selama lebaran. Di antaranya TPS Lingkar Selatan, TPS HKSN, TPS Cemara Raya, TPS Gerilya, dan TPS Sungai Andai.

“Jadi di TPS-TPS tersebut mengalami peningkatan, sesuai dengan jumlah warga yang tinggal di sana juga,” bebernya.

Jack pun telah memprediksi bahwa pada Idulfitri 1445 H ini, sejumlah TPS dan volume sampah akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Karena itu, ia menurunkan petugas beserta sarana lebih dahulu.

“Sudah kita prediksi memang ada lonjakan, jadi petugas dan sarana sudah disiagakan serta disiapkan,” tukas Jack. (KN/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA