iklan di pojokbanua

Usai Pandemi dan Banjir, Wisata Sungai Biuku Banjarmasin Sepi Pengunjung

waktu baca 2 menit
Jumat, 20 Mei 2022 06:39 0 Khairun Nisa

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Dampak nyata dari pandemi Covid-19 membuat beberapa tempat wisata terpaksa harus gulung tikar. Bahkan, banyak yang sudah tidak terawat sehingga alat maupun tempatnya terkesan kumuh.

IMG-20240616-WA0002

Misal Selanjung Biuku, salah satu destinasi wisata di Banjarmasin yang sepi pengunjung hingga nyaris ditutup. Wisata tersebut kini sudah terbengkalai, bahkan beberapa tempat bermain pun tidak layak pakai.

Ketua Pokdarwis Sungai Selanjung Biuku, Didi Wahyudi menginginkan, adanya pembenahan di beberapa bagian tempat wisata.

“Kalau bisa dibenahi ingin dibangun dengan bahan yang kokoh agar bisa lebih kuat dan tahan terhadap hujan maupun panas,” ungkapnya kepada pojokbanua.com, Kamis (19/5/2022).

Dia yakin, Sungai Biuku bisa kembali hidup seperti sedia kala. Di mana dalam sehari bisa mencapai ratusan pengunjung. Meskipun wisata tersebut sepi pengunjung, tanpa aktivitas di sekitar kawasan sungai.

“Dari awal pas ada pembatasan kegiatan itu mulai sepi, berkurang drastis. Ditambah, banjir di awal tahun 2021 kemarin membuat beberapa fasilitas rusak berat,” tuturnya.

Kata dia, pembenahan yang hendak dilakukan selama ini masih terhalang dana. Sebab, pemasukan dari wisata Sungai Biuku menurun drastis. Terpaksa, dibiarkan sementara.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Disbudporapar Banjarmasin, Fitriah mengaku, pihaknya selalu ingin mendukung pariwisata.

“Harus dihidupkan kembali, karena kampung ini salah satu dari 10 prioritas destinasi wisata Banjarmasin,” katanya.

Ia berharap, adanya pembinaan kembali terhadap kawasan wisata tersebut. Sebab, dinilai membangkitkan kembali daya tarik masyarakat terhadap kawasan wisata harus melalui proses dari awal.

“Karena hewan endemik biuku, kura-kura, bidawang yang menjadi daya tarik telah lepas saat banjir. Maka, perlu waktu untuk kembali membangkitkan daya tarik masyarakat,” jelas Fitri.

Kini, kawasan itu tengah dalam proses perbaikan dan pembenahan, sehingga diharapkan dalam waktu dekat dapat kembali beroperasi seperti sedia kala. (KN/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA