iklan di pojokbanua

Update Banjir HST: Konsentrasi Air di Desa Jaranih dan Masiraan

waktu baca 2 menit
Jumat, 5 Jan 2024 11:21 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Banjir yang melanda Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) hingga saat ini masih bertahan tergenang pada sebagian titik. Pasalnya wilayah tersebut juga sejak pagi tadi kembali diguyur hujan cukup lebat, Jumat (5/1/2024).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HST, Ahmad Apandi mengatakan, konsentrasi air saat ini berada di Kecamatan Pandawan, yakni Desa Jaranih dan Masiraan.

Pihaknya pun masih bertugas di lapangan melakukan penanganan dan pemantauan debit air. Untuk aktivitas warga masih tidak terganggu, karena air hanya menggenangi jalan dan halaman rumah warga.

Apandi melaporkan, untuk ketinggian air sangat bervariasi sekitar 10-60 cm. Namun saat ini sedang terjadi hujan cukup deras, sehingga warga tetap diimbau untuk selalu waspada dan jangan panik.

“Tim kami masih di lapangan untuk melakukan update berkala disana. Untuk sementara tidak ada pengungsi,” ujarnya.

Sekretaris Kecamatan Pandawan, M Affauw Al Bagaq menambahkan, untuk di Kecamatan Pandawan sendiri selain Desa Jaranih dan Masiraan, banjir juga terjadi di Desa Palajau.

Pihaknya pun bersama Forkopimcam dan BPBD HST juga terus bersama-sama melakukan pemantauan berkala guna mengantisipasi hal-hal yang diinginkan. Terlebih, untuk memastikan masyarakat tetap dalam kondisi aman.

“Untuk rumah terdampak banjir yang genangan airnya masuk ke rumah di Desa Palajau sebanyak 6 rumah, Desa Jaranih 20 rumah, dan Desa Masiraan 9 rumah,” bebernya.

Berdasarkan data BPBD HST per 3 Januari 2024, ada lima kecamatan terdampak banjir di HST, meliputi Kecamatan Pandawan, Haruyan, Batang Alai Timur, Batu Benawa, dan Kecamatan Barabai yang tersebar pada 13 desa dan kelurahan.

Untuk rumah terdampaknya mencapai 1.307 rumah yang dihuni oleh 1.743 kepala keluarga (KK) dan 5.007 jiwa. Hingga saat ini pihaknya mengaku masih di lapangan untuk melakukan pembaruan data tersebut. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA