Upaya Penanganan Sampah Jadi Tantangan di Kabupaten Banjar

waktu baca 3 menit
Selasa, 28 Sep 2021 08:37 0 271 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Dugaan lemahnya penerapan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Sampah di Kabupaten Banjar, khususnya Pasal 57 tentang Larangan Membuang Sampah Tidak pada Tempatnya menjadi tantangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar melalui Kepala Bidang PSPL, Achmad Norsailah mengatakan, pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mengangkut sampah liar di sekitar pinggir Jalan A.Yani daerah Manarap Km.7,5-8 dan Gambut Km.10-11.

“Kita terus berupaya selalu melayani dan ringan tangan untuk mengangkut timbulan sampah liar, dan juga memberikan teguran secara persuasif kepada masyarakat yang sering membuang sampah tidak pada tempatnya. Agar mau sadar dan perihatin kepada petugas pengangkut sampah,” ujarnya kepada awak media di ruang kerjanya, Senin (27/9/2021).

Ia menambahkan, pihaknya tidak memiliki wewenang dalam menindak para pelanggar peraturan daerah. Padahal sudah jelas, uraian pasal larangan terkait membuang sampah tidak pada tempatnya dan jam aturan yang dibolehkan membuang sampah.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

“Kami sebenarnya berharap, ada pihak yang membantu dalam masalah penegakan peraturan daerah ini. Karena sudah sering berupaya melakukan sosialisasi berulang-ulang kali pun masih belum bisa memberikan efek jera kepada masyarakat yang masih nakal membuang sampah bukan pada tempatnya dengan berbagai macam alasan,” terangnya.

Achmad berharap, kepada instansi terkait sebagai penegak peraturan daerah atau pun juga terhadap masyarakat. Untuk bisa saling memahami, mengerti dan saling peduli terhadap pengelolaan sampah.

“Dengan adanya Perda yang telah dijadikan aturan tersebut di atas, setidaknya bisa dipatuhi jam buang sampahnya dan pihak yang bertugas sebagai penegak peraturan daerah bisa memposisikan tugas dan fungsi kewajibannya. Setidaknya, ada kontribusi kecil yang sangat membantu kami sebagai ujung tombak dalam penanganan sampah ini.

Adapun dalam Peraturan Daerah Kabupaten Banjar Nomor 4 tahun 2016 tentang Pengelolaan Sampah di Kabupaten Banjar, dalam BAB XIII LARANGAN Pasal 57 yang berbunyi, sebagai berikut:

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA