iklan di pojokbanua

Tingkatkan Produksi Pertanian, 1.200 Hektare Lahan TNI AD di Banjarbaru Digarap

waktu baca 2 menit
Sabtu, 8 Jun 2024 16:48 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Upaya peningkatan produksi pertanian, menjadi atensi serius TNI Angkatan Darat (AD). Salah satunya adalah dengan membuka lahan tidur seluas 1.200 hektare di Bukit Petruk, Kelurahan Sungai Ulin, Kecamatan Banjarbaru Utara untuk digarap sebagai lahan pertanan, Sabtu (8/6/2024).

Kepala Staf TNI AD (KASAD), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak turun langsung untuk meninjau penggarapan lahan yang sebelumnya tidak produktif ini, di sela kunjungan kerjanya ke Kalimantan Selatan (Kalsel). Ia pun sempat menyinggung soal produksi pertanian yang tidak meningkat walaupun dinyatakan panen massal.

“Kita mengevaluasi itu, sehingga kami sampaikan ke jajaran supaya membuat betul-betul, dari lahan tidur dibuka lahannya dan menghasilkan. Sehingga produksi kita akan terlihat nantinya,” ujarnya kepada awak media usai Peninjauan Ketahanan Pangan Terpadu.

Selain menggandeng petani, TNI AD juga bekerja sama dengan investor dalam mengerjakan lahan pertanian agar lebih produktif. Jenderal Maruli mengingatkan pesan Presiden Joko WIdodo, bahwa hasil panen terlihat bagus saat tiga hingga empat kali tanam.

“Tetapi kalau memang dievaluasi lebih baik, mudah-mudahan bisa 2 kali (tanam) sudah mulai baik, atau sekali tanam sudahh bisa bagus kalau disiapkan dengan baik,” imbuhnya.

Lebih lanjut jenderal bintang empat ini menekankan kepada jajarannya, untuk memperhatikan kesejahteraan para petani yang menggarap lahan tidur ini. Agar para petani yang menggarap lahan pertanian ini dapat hidup layak.

“Saya harapkan Danrem bisa mengatur bagaimana petani itu bisa hidup layak. Bagaimana caranya (lahan) bisa dikerjakan, petani bisa hidup layak dan berjalan,” tegasnya.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin mengakui jika Pemko Banjarbaru terbantu dengan upaya TNI dalam membuka lahan tidur agar menjadi produktif.

“Termasuk para petani juga terbantu, yang mana (petani) yang lahannya masih pinjam pakai dan sewa, bisa bekerja sama dengan TNI untuk menggarap lahan ini,” tuturnya.

Pemko Banjarbaru sendiri, siap bersinergi dengan TNI AD dalam menggarap lahan di Bukit Petruk agar lebih produktif. Salah satunya dengan membantu sejumlah peralatan pertanian.

“Traktor backup dari kita, (dan) kita juga bantu tandon air dan alat bor untuk sumur,” tuntas Aditya. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA