Targetkan Kalimantan Bebas Rabies di Tahun 2030, Vaksinasi Rutin Dilaksanakan

waktu baca 2 menit
Senin, 9 Okt 2023 07:40 0 185 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Balai Veteriner Banjarbaru menargetkan Kalimantan terbebas dari rabies pada tahun 2030.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Balai Veteriner Banjarbaru, drh. Putut Eko Wibowo di sela Vaksinasi Massal Rabies pada momentum Hari Rabies Sedunia di Banjarbaru, Sabtu (7/10/2023).

“Jadi target kami adalah, bagaimana membebaskan rabies di Kalimantan tahun 2030,” ujarnya.

Dia membeberkan, tercatat sekitar 16 kabupaten/kota yang masih ada indikasi penyakit rabies di Kalimantan, terbanyak ada di Kalimantan Barat (Kalbar) dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Untuk Kalimantan Selatan (Kalsel) sendiri, penyakit rabies sudah bisa dikendalikan meskipun masih terdapat 2 kasus rabies pada hewan.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

Dalam upaya untuk mewujudkan Kalimantan bebas rabies tahun 2030, Balai Veteriner Banjarbaru melaksanakan berbagai kegiatan. Di antaranya kegiatan vaksinasi rutin kepada hewan serta sosialisasi terkait kesehatan hewan dan rabies kepada masyarakat.

“Sepanjang Hari Rabies Sedunia ini rata-rata di Balai Veteriner setiap pekannya ada 100–150 ekor yang dilakukan vaksinasi, sehingga sudah ada sekitar 750 ekor hewan yang sudah divaksinasi,” beber drh. Putut.

Sementara itu, Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Pembangunan Dan Kemasyarakatan, Ir. Muhammad Rustam, M.P. yang mewakili Wali Kota Banjarbaru menuturkan, perlu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap rabies yang merupakan penyakit yang harus diwaspadai.

Berdasarkan data WHO, ada 60 ribu orang dalam satu tahun korban meninggal yang disebabkan oleh penyakit rabies. Karena sangat berbahaya, maka rabies perlu diantisipasi segera.

“Karena jika sudah ada salah satu hewan di daerah tertentu yang tertular rabies, maka semua hewan di sekitarnya harus diperiksa serta masyarakatnya pun juga harus diperiksa,” lugas Rustam.

Untuk mendukung Kalimantan bebas rabies tahun 2030, Pemko Banjarbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Banjarbaru. secara berkala melakukan pemantauan ke seluruh kelurahan di Banjarbaru. Serta menyediakan layanan informasi terkait permasalahan hewan terutama rabies ini. (MedCenBJB/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA