iklan di pojokbanua

Tanpa Bunga, Program Kurma Manis Bantu Pelaku UMKM

waktu baca 2 menit
Senin, 26 Sep 2022 19:48 0 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – H Hamidi, selaku nasabah Bank Perkreditan Indonesia (BPR) mengatakan bahwa program Kurma Manis dari Pemkab Banjar sangat membantu pelaku UMKM dalam kondisi harga beberapa bahan pokok. Terlebih, BBM yang saat ini mengalami kenaikan.

IMG-20240616-WA0002

“Alhamdulillah sangat terbantu, apalagi dengan bunga 0 persen ini tidak akan membebani pelaku usaha menengah ke bawah. Tanpa bunga tidak melanggar ketentuan agama,” ujarnya.

Dalam rangka mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) & G20, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Martapura Banjar Sejahtera turut berpartisipasi dengan membuka akses keuangan kepada berbagai lapisan masyarakat dengan menjalankan pinjaman jenis produk Kurma Manis (Kredit Usaha Rakyat Martapura Maju Mandiri Agamis).

Direktur Utama BPR Martapura Banjar Sejahtera, Ari Rosadi menerangkan, peminjaman kredit tersebut harus melalui rekomendasi dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar terlebih dulu.

“Untuk total dana peminjaman oleh pelaku usaha UMKM, setelah kami mendapatkan rekomendasi dari DKUMPP akan dianalisa ke lapangan. Dari analisa tersebut, baru akan kita tentukan berapa dana pinjaman untuk yang bersangkutan,” ucapnya kepada sejumlah awak media, Senin (26/9/2022).

Ia menambahkan, untuk menyukseskan program Kurma Manis, BPR Martapura Banjar Sejahtera bersinergisitas dengan Pemerintah Daerah untuk memberi pinjaman dalam jangka waktu selama 1 tahun.

“Jadi, nanti kalau yang bersangkutan ingin mengajukan permohonan pinjam lagi (setelah 1 tahun) bisa saja. Namun, kalau yang bersangkutan tidak bisa membayar dalam kurun waktu yang ditentukan, maka akan kami beri toleransi waktu lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala DKUMPP Kabupaten Banjar, I Gusti Made Suryawanti membenarkan, inovasi dari Bupati Banjar sangat membantu pelaku UMKM.

“Sampai sekarang, sudah ada 174 nasabah dengan total 923 juta rupiah. Sedangkan per Senin (26/9/2022), ada 13 pelaku usaha UMKM dengan total dana 60 juta rupiah telah dikucurkan.

“Pelaku usaha sangat terbantu dengan adanya Kurma Manis ini, di mana pelaku usaha dapat melakukan peminjaman dengan bunga 0 persen tanpa jaminan. Dengan syarat KTP, NIB, KK dan salah satu rekomendasi dari DKUMPP,” bebernya. (WF/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA