Tahapan Teknis, Bendungan Pancur Hanau HST Direncanakan di Desa Alat

waktu baca 2 menit
Rabu, 1 Nov 2023 12:09 0 342 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Rencana pembangunan Bendungan Pancur Hanau di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) hingga kini terus diupayakan serius dan ditindaklanjuti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, Rabu (1/11/2023).

Prosesnya masih memerlukan beberapa tahapan teknis yang harus dilewati. Namun, berdasarkan hasil studi kelayakan bendungan ini direncanakan di Desa Alat, HST.

Hal itu diterangkan oleh Plt. Kepala Dinas PUPR HST, Syahidin melalu Kabid Sumber Daya Air (SDA), Arif Rahman Hakim terkait perkembangan rencana pembangunan bendungan tersebut.

“Belum bisa dipastikan secara detail ke depannya kapan mulai pembangunannya. Karena masih ada beberapa tahapan teknis yang wajib dilalui dan dilengkapi hingga sampai ke tahap pembangunan fisik bendungannya,” bebernya.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

Untuk titik lokasi pembangunan bendungan, kata Arif, sementara diinfokan berada di wilayah Kecamatan Hantakan. Yakni, berdasarkan hasil konsultan studi kelayakan sebelumnya, lokasinya direncanakan berada di wilayah Desa Alat.

“Estimasi pagu dana fisik bendungannya nanti, saat ini tidak bisa ditentukan atau belum bisa dijawab secara detail karena harus menunggu hasil perencanaan dari konsultan teknis,” terangnya.

Arif membeberkan, erkait sumber dana pembangunan bendungannya, umumnya dari dana APBN, dan dibangun oleh Kementerian PUPR.

Disamping itu, pihaknya juga telah mengantongi surat rekomendasi dukungan dari Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor dan urgensi keberadaan bendungan tersebut.

Lebih dari itu, Bupati HST, Aulia Oktafiandi juga telah lakukan audiensi dengan Kementerian PUPR RI, Rabu (25/10/2023) di Jakarta untuk menindaklanjuti rencana pembangunan bendungan ini dengan serius.

“Semoga usaha dan niat kita ini dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah pusat,” harapnya. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA