iklan di pojokbanua

Sukamta Perjuangkan RDTR Bati-Bati ke Kementerian ATRBPN

waktu baca 2 menit
Kamis, 4 Agu 2022 13:00 0 Yawafie

POJOKBANUA, JAKARTA – Sampaikan potensi Kecamatan Bati-Bati sebagai kawasan fungsional pendongkrak ekonomi daerah, Bupati Tanah Laut (Tala), H. M. Sukamta memperjuangkan isu strategis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) wilayah itu ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATRBPN) pada Rapat Koordinasi Lintas Sektor di Aula Hotel Sheraton Grand Jakarta Gandaria City, Rabu (3/8/2022).

Sukamta memaparkan, beberapa faktor penting. Bati-Bati sebagai wilayah strategis dalam perekonomian Tala, khususnya berkaitan dengan kawasan Banjarbakula yang mencakup Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala dan Tala sendiri.

“Melalui RDTR ini, kami ingin memaksimalkan Kecamatan Bati-Bati sebagai wilayah pendongkrak perekonomian daerah. Selain sebagai kawasan industri, letaknya juga sangat strategis dan tidak bisa dipisahkan dengan program Banjarbakula yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)”, ungkap Sukamta.

Menurutnya, potensi Kecamatan Bati-Bati yang bertetangga dengan dua kota besar seperti Banjarmasin dan Banjarbaru bisa lebih dimaksimalkan lagi, apabila RDTR tersebut disetujui Pemerintah Pusat.

“Bati-Bati adalah pintu gerbang Tala yang menghubungkan kota ekonomi Banjarmasin dan Banjarbaru sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang baru. Kita harus bersiap dengan peningkatan arus pergerakan manusia, barang dan jasa yang semakin tinggi. Mendorong perkembangan perekonomian di wilayah tersebut, dampaknya tentu akan berpengaruh juga dengan Kecamatan Bati-Bati,” tambahnya.

Sukamta berharap, pihak Kementerian ATRBPN dapat mempertimbangkan manfaat besar yang akan muncul dari RDTR Wilayah Bati-Bati. Sebab, sangat mendukung upaya percepatan pembangunan Tala yang dampak keberlanjutannya juga akan terasa di tingkat provinsi dan Nasional.

“Melalui RDTR ini, ibaratnya saya ingin menyiapkan wadah bagi para pelaku usaha, investor dan masyarakat yang ingin membangun wilayah Bati-Bati menjadi lebih maju baik dari pembangunan fisik, ekonomi dan sumber daya manusianya,” jelas Sukamta.

Selain Tala, beberapa daerah juga menyampaikan pemaparan RDTR wilayahnya masing-masing pada rapat tersebut. Turut hadir Plt Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian ATRBPN Gabriel Triwibawa, M.Eng.Sc dan para kepala SKPD Tala yang mengikuti rapat secara daring di Sekretariat Daerah Tala. (Prokopim Tala/NR/KW)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221225-WA0006
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005

Member JMSI

Network

LAINNYA