iklan di pojokbanua

Soal Parkir Liar di Jalan KH. Mansyur Dibahas ke Rapat Paripurna

waktu baca 2 menit
Selasa, 8 Agu 2023 19:16 0 Hammad Shauf

POJOKBANUA, TANAH LAUT – Warga Kabupaten Tanah Laut (Tala) khususnya yang berada di sekitar Jalan KH. Mansyur, Kelurahan Angsau, Kecamatan Pelaihari nampak tak asing lagi dengan pemandangan parkir liar kendaraan bermotor masyarakat yang memakan badan jalan.

 

Kondisi ini menyita perhatian para wakil rakyat karena dirasa mengganggu arus lalu lintas di area yang memang dikatakan bisa menjadi pusat kuliner di perkotaan Pelaihari tersebut.

 

Keseriusan para legislator dalam menyoroti kondisi ini pun sampai dibawa pada rapat paripurna yang memang sedang membahas soal Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah bersama pihak eksekutif di Gedung DPRD Tala, Senin (7/8/2023).

 

Juru Bicara DPRD Tala, Ridha Hayani menyampaikan, keadaan parkir yang memadati badan jalan ini banyak terlihat sejak memasuki waktu sore hingga malam, baik roda dua (R2) maupun roda empat (R4).

 

“Apakah parkir ini legal. Kalau legal tolong ditertibkan, jangan sampai mengganggu kepentingan umum arus lalu lintas pengguna jalan,” ucap Ridha saat membacakan pandangan umum Fraksi Gerindra.

 

Ia menambahkan, kondisi ini akan lebih mengkhawatirkan apabila parkir tersebut ternyata justru dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

Sementara itu, pihak eksekutif yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda), H. Dahnial Kifli menjelaskan, status Jalan KH. Mansyur saat ini memang sudah tidak lagi tercatat di dalam SK Jalan Nasional.

 

“Kami sedang berkoordinasi dengan pihak provinsi terkait status jalan tersebut. Sebab, berpengaruh terhadap pengelolaan dan pengaturan penggunaan jalan tersebut,” jelasnya mewakili bupati.

 

Ia berharap, status jalan tersebut nantinya bisa menjadi ruas jalan kabupaten. Kondisi ini juga menyangkut permasalahan parkir yang saat ini belum ada kantong parkir bersifat off street (di luar jalan) yang tersedia. Sehingga, pemilik kendaraan bermotor terpaksa parkir on street (di badan jalan).

 

“Kalau sudah menjadi kewenangan kabupaten, kita bisa mengatur penggunaan jalan tersebut baik persoalan arus lalu lintas hingga penyelenggaraan parkir,” imbuhnya.

 

Ia menekankan, penataan parkir dan penertiban penggunaan jalan tersebut harus sesuai dengan hasil kajian yang telah dilaksanakan nantinya. (HS/KW)

 

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221229-WA0030
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA