iklan di pojokbanua

Soal Mengambil Anggrek di Gunung Halau-Halau, Tokoh Adat Ingatkan Ini Untuk Pendaki

waktu baca 2 menit
Senin, 2 Okt 2023 21:36 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI — Tokoh Adat Dayak Meratus, Maribut (104) turut angkat bicara terkait korban pendaki Gunung Halau-Halau, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang baru saja dievakuasi.

Sesuai kabar yang beredar, rombongan tersebut sempat mengambil bunga anggrek sewaktu melakukan pendakian gunung tersebut.

Pria berumur lebih seabad itu mengingatkan kepada para pendaki agar jangan sampai terjadi lagi melanggar pamali atau larangan yang sudah terpampang pada basecamp pendakian Halau-Halau, termasuk mengambil anggrek.

“Kalau melihat akar jangan ditebang, apalagi ada anggrek, jangan dipetik atau dibawa pulang,” katanya, Senin (2/10/2023).

Sebenarnya, Maribut menuturkan, jika memang mengambil anggrek diperbolehkan, asalkan harus meminta izin terlebih dahulu dan tidak boleh asal ambil. Terlebih, apabila ada tanda-tanda yang ganjil, lebih baik jangan dipaksakan untuk mengambilnya.

Begitu pula dengan menebang pohon, baik sekedar untuk membuat tongkat maupun untuk keperluan lainnya. Itupun juga harus meminta izin.

“Jika setelah mengambil sesuatu tiba-tiba bersin, itu jadi penanda tidak diizinkan. Bisa juga kalau ada buah di suatu tempat tapi tidak ada pohonnya di sekitar itu, jangan coba-coba diambil,” jelasnya.

Kemudian, membawa lawan jenis tanpa status resmi juga dilarang untuk tidur satu tenda. Karena menurut kepercayaan masyarakat Meratus, penghuni di kawasan Halau-halau akan marah.

Adanya peristiwa ini diharapkan dapat dijadikan pelajaran, baik untuk korban maupun pendaki lain kedepannya.

“Agar masyarakat maupun para pengunjung bisa sama-sama saling menjaga untuk keselamatan bersama,” tutup Maribut. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

PENJUALAN ROKOK BATANGAN
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA