iklan di pojokbanua

Sinergi Bank Kalsel dan BPKH Wujudkan Ibadah Haji Masyarakat Banua

waktu baca 2 menit
Kamis, 13 Jul 2023 19:57 0 Andy Arfian

POJOKBANUA, BANJARMASIN – Bank Kalsel telah mengambil langkah serius untuk memfasilitasi masyarakat Banua dalam menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci dengan melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak.

IMG-20240616-WA0002

Sebagai bagian dari upaya ini, Bank Kalsel Syariah baru-baru ini menyelenggarakan acara Gathering Haji bersama Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dengan tema Gerakan Haji Banua “Warga Banua Melangkah Menuju Baitullah” Ayo Haji Muda. Acara ini diadakan di Best World Kindai Hotel Banjarmasin, Kamis (13/7/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk tokoh agama, pengusaha, BAZNAS, ORMAS NU dan Muhammadiyah, Pengelola Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), Pengelola Kelompok Bimbingan Manasik Mandiri Haji dan Umrah (KBMHU), pengurus dan pengelola masjid di Banjarmasin, pengurus dan pengelola yayasan dan lembaga pendidikan, majelis ta’lim, ASN, selegram, serta berbagai profesi lainnya.

Dalam pidatonya, Kepala Divisi Perhimpunan BPKH, MT Nurul Anwar, menjelaskan pentingnya kolaborasi antara BPKH dan berbagai pihak, termasuk Bank Kalsel, untuk memudahkan masyarakat dalam melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, koordinasi maupun kolaborasi antara Bank Kalsel
dan BPKH dapat semakin baik kedepannya. Sehingga masyarakat Kalsel yang beribadah haji ke Tanah Suci bisa semakin terbantu nantinya,” tegasnya.

Hingga Juni 2023, BPKH telah berhasil menghimpun dana haji sebesar 158 triliun Rupiah dengan jumlah jemaah haji asal Indonesia mencapai 5,3 juta orang.

“Dengan dana dan jumlah jemaah haji sebesar itu tentunya tantangan untuk mengelola dan memberikan pelayanan juga semakin besar. Karena itulah kami memerlukan banyak bantuan mitra kerja, salah satunya Bank Kalsel,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Kalsel Fachrudin menambahkan, animo masyarakat Banua untuk melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci sangat tinggi.

“Melihat kenyataan tersebut kami tentunya siap berkolaborasi dengan BPKH agar layanan tabungan haji yang dimiliki oleh Bank Kalsel bisa semakin mudah untuk dinikmati
oleh masyarakat Banua,” bebernya.

Fachrudin, menambahkan bahwa Bank Kalsel Syariah telah meluncurkan layanan tabungan haji khusus untuk masyarakat Banua yang dikenal sebagai Tabungan Haji IB Ar Rahman.

Selain itu, Tabungan Haji IB Ar Rahman juga telah terintegrasi dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (DJPHU). Hal ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh nomor porsi keberangkatan haji.

“Karena itulah sekali lagi mari bersama-sama kita berkolaborasi, agar semakin banyak masyarakat banua yang berkesempatan beribadah haji ke Tanah Suci. Karena bagi
masyarakat Kalsel beribadah haji sendiri merupakan sebuah kewajiban yang harus
ditunaikan dan juga merupakan salah satu ukuran kesuksesan dalam kehidupan,” pungkasnya. (RLS/AY)

Editor: Andy Arfian

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006
TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221229-WA0030
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA