iklan di pojokbanua

Sempat Terjadi Perbedaan Data, Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024 di BBU Rampung

waktu baca 2 menit
Kamis, 22 Feb 2024 18:13 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Perbedaan data antara yang tercatat di aplikasi Sirekap dengan catatan saksi partai politik (parpol) berdasarkan formulir C hasil, sempat mewarnai rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil Pemilu 2024 di Kecamatan Banjarbaru Utara (BBU).

Ketua Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) BBU, Haryono mengungkapkan, suara calon anggota legislatof (caleg) DPR RI dari salah satu peserta Pemilu 2024 sempat tertukar dengan suara peserta pemilu lain di salah satu tempat pemungutan suara (TPS) di Kelurahan Mentaos.

Sehingga, pihaknya harus mengembalikan data capaian suara berdasarkan formulir C hasil. Langkah ini pun diambil saat skors rapat yang berlangsung selama satu jam lamanya.

“Saat skors kita hubungi KPU Banjarbaru untuk buka (sistem) Sirekap, karena ada perbaikan data dan kita tanding data Sirekap dengan data lainnya,” ujarnya saat dijumpai awak media usai rapat pleno terbuka di Aula Dinas Sosial (Dinsos) Banjarbaru, Kamis (22/2/2024) sore.

Setelah melakukan komparasi data antara Sirekap dengan formulir C plano, PPK BBU bersepakat untuk menyesuaikan dengan formulir C hasil. Saksi dari peserta pemilu sendiri pun menyepakati keputusan ini.

“Alhamdulillah (saksi peserta pemilu) setuju, karena (dengan) melihat data awal. Malah (mereka) diuntungkan,” beber Haryono.

Kendati sempat diwarnai perbedaan data antara formulir C hasil dengan aplikasi Sirekap. Haryono bersyukur, rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil Pemilu 2024 di Kecamatan BBU rampung.

Di mana, PPK BBU berpatokan pada formulir C hasil. Data itu pun dikomparasikan dengan data yang ada di Sirekap maupun saat dibacakan dalam rapat pleno terbuka.

“Setelah ditandatangani dan kita gandakan, disampaikan ke pihak-pihak yang menerima berkas. Sisanya kita antarkan (ke KPU) hari ini juga,” tuntas Haryono. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
TIPS AMANKAN DATA
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA