harjad bjb idul ftr 1445 PB
harjad bjb idul ftr PB

Semarak Harjad Tala ke-58, Disdikbud Gelar Pertunjukan Wayang Kulit Banjar dan Jawa

waktu baca 2 menit
Jumat, 1 Des 2023 16:20 0 138 Yawafie

POJOKBANUA, PELAIHARI – Dalam upaya menyambut dan merayakan peringatan Hari jadi Kabupaten Tanah Laut (Tala) yang ke-58, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut terus menggelar serangkaian kegiatan yang melibatkan berbagai kelompok masyarakat dan instansi terkait. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tala, Abdillah menyampaikan berbagai informasi rangkaian kegiatan mereka, Jumat (1/12/2023).

Idul Fitri (1)
harjad bjb - m ikhsan
harjad bjb - gt manggis
harjad bjb - t baskoro
harjad bjb - rsd idaman
IMG-20240420-WA0002
IMG-20240420-WA0007

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Karnaval Budaya, melibatkan 95 peserta dari berbagai kelompok, termasuk siswa dari sekolah dasar, sekolah menengah, dan lembaga kejuruan. Kegiatan ini diharapkan dapat menggambarkan keberagaman budaya yang ada di Kabupaten Tanah Laut dan memberikan hiburan kepada masyarakat.

“Karnaval ini melibatkan seluruh elemen masyarakat, dari satuan kerja pemerintah daerah, camat, kecamatan, kelurahan, hingga kelompok seni dan budaya. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan nuansa meriah serta hiburan yang menyenangkan bagi masyarakat,” ungkap Abdillah.

Selain karnaval, Disdikbu juga turut serta dalam Tala Expo 2023, dimana mereka memamerkan produk-produk dari sekolah-sekolah penggerak. Tema yang diusung adalah Transformasi Digital Pendidikan untuk Meramaikan Merdeka Belajar. Dalam rangka merespon perkembangan zaman, Abdillah menyatakan keinginan menantang anak-anak untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.

“Kami akan menyajikan semacam game interaktif di expo, sebagai upaya untuk menantang anak-anak dalam menggunakan teknologi sebagai alat pembelajaran. Pendidikan harus berusaha bertransformasi ke arah digital agar dapat memenuhi tuntutan perkembangan zaman,” jelas Abdillah.

Selanjutnya, Abdillah juga mengungkapkan rencana kegiatan wayang kulit Banjar pada tanggal 2 Desember 2023 di RTH titik 0 kilometer atau Pasar Lama. Puncak acara, yang direncanakan pada tanggal 9 Desember, akan diakhiri dengan pertunjukan wayang Jawa sebagai penutup.

Abdillah berharap bahwa rangkaian acara ini tidak hanya memberikan hiburan kepada masyarakat, tetapi juga dapat menggerakkan ekonomi lokal. “Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan tontonan dan tuntunan kepada masyarakat, terutama melalui kegiatan seni budaya seperti pertunjukan wayang yang sarat dengan nilai-nilai moral,” tambah Abdillah.

Dalam konteks pendidikan, Abdillah menegaskan komitmen pihaknya dalam mendukung transformasi digital pendidikan. Mereka mengajak anak-anak untuk berpartisipasi dalam era digital dengan mengakses sumber belajar melalui platform Merdeka Mengajar dan Rumah Belajar.

“Kami berharap anak-anak dapat memanfaatkan laptop yang telah diberikan untuk mencari sumber belajar yang mendukung penguasaan kompetensi mereka. Kami menyediakan platform seperti Merdeka Mengajar dan Rumah Belajar sebagai sarana bagi guru dan siswa untuk mendapatkan materi pembelajaran yang berkualitas,” tutup Abdillah.

Dengan antusiasme dan harapan untuk kesuksesan acara ini, Disidkbud Tala berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam memajukan dunia pendidikan dan budaya di daerah tersebut.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA