harjad bjb idul ftr 1445 PB
harjad bjb idul ftr PB

Seleksi Kontrak Daerah Guru Inklusi dan Tenaga Operator di HST, Ini Kouta dan Gajinya

waktu baca 2 menit
Jumat, 23 Feb 2024 08:07 0 2961 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Seleksi guru pendidikan khusus (inklusi) dan tenaga operator jenjang SD dan SMP dengan kontrak daerah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) sudah dibuka sejak 19 Februari 2023 tadi.

Idul Fitri (1)
harjad bjb - m ikhsan
harjad bjb - gt manggis
harjad bjb - t baskoro
harjad bjb - rsd idaman
IMG-20240420-WA0002
IMG-20240420-WA0007

Proses ini dilaksanakan sebagai langkah Dinas Pendidikan (Disdik) HST untuk mencukupi kebutuhan tiap formasi tersebut dengan gaji yang layak. Lantas berapakah kouta formasi yang dicari dan gaji yang bakal diterima oleh para pegawai kontrak daerah tersebut?

Kepala Disdik HST, Muhammad Anhar melalui Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Dasar (SD), Abdul Hadi menjelaskan untuk formasi yang dicari dan gajinya itu cukup beragam.

Ia merincikan, untuk formasi guru inklusi SD sebanyak 34 orang dan guru inklusi jenjang SMP 19 orang. Sedangkan, formasi operator jenjang SD sebanyak 188 orang dan operator jenjang SMP 33 orang.

Hadi memaparkan, terkait gajinya mengacu berdasarkan kriteria wilayah. Jika penempatannya di wilayah tidak terpencil kisaran gajinya Rp1 juta, wilayah terpencil Rp1,25 juta, serta wilayah sangat sangat terpencil Rp1,5 juta.

“Untuk kontraknya direncanakan selama tujuh bulan terlebih dahulu. Mulai bekerjanya pada bulan April ini. Nanti pada saat anggaran perubahan ditinjau ulang lagi,” paparnya.

Kepala Seksi (Kasi) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) SD Disdik HST, Rudi Hartono menambahkan, pihaknya juga sudah menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) dan Kepala Program Studi Pendidikan Khusus terkait beragam teknis seleksi ini.

Ia menjelaskan, formasi kontrak daerah guru inklusi ini dikhususkan untuk pelamar dengan latar belakang Sarjana Pendidikan Luar Biasa (PLB) dan Pendidikan Khusus (PKH). Mengingat harus memiliki kompetensi khusus yang dimiliki.

Sementara, untuk formasi kontrak daerah operator jenjang SD dan SMP ini terbuka untuk S1 semua jurusan. Lalu, ada juga dispensasi lulusan SMA boleh mendaftar dengan syarat sudah masuk Dapodik.

“Ini juga terbuka untuk para pelamar dari luar daerah, alas sesuai dengan persyaratan yang diperlukan,” jelasnya.

Lantas, apakah para pegawai kontrak daerah ini ke depannya boleh mendaftar seleksi CPNS/PPPK saat tengah berlangsung kontrak? Rudi menjawab, hal itu merupakan hak masing-masing dan tidak ada larangan untuk mendaftar.

“Sejauh mereka mengikuti mekanisme yang ada dan tentunya melaksanakan tanggung jawab sesuai dengan perjanjian kontrak yang akan disetujui di kemudian hari,” singkatnya. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

1. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005

Member JMSI

Network

LAINNYA