iklan di pojokbanua

Selamat! Puskesmas Liang Anggang Raih Akreditasi Paripurna dari Kemenkes RI

waktu baca 2 menit
Selasa, 10 Okt 2023 13:55 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Mutu pelayanan Puskemas di wilayah Kota Banjarbaru semakin membaik dari waktu ke waktu. Hal itu dibuktikan setelah Puskemas Liang Anggang meraih status akreditasi paripurna dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang merupakan legitimasi tertinggi terhadap mutu pelayanan bagi fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama.

IMG-20240616-WA0002

Sertifikat akreditasi itu diterbitkan sejak 23 September 2023 dan akan berlaku hingga 2028 mendatang. Dinyatakan dan ditandangani oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia melaui Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr. Azhar Jaya dan Ketua Lembaga Penyelenggaran Akreditasi Pelayanan Kesehatan Paripurna, dr. Dian Emawati.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarbatu, dr. Juhai Triyanti Agustina, survei akreditasi atau reakreditasi puskesmas penting untuk dilakukan agar mutu pelayanan dan keselamatan pasien dapat diintegrasikan. Serta pula dibudayakan dalam sistem manajemen dan pelayanan di puskesmas.

“Tujuannya untuk memacu puskesmas di Banjarbaru memenuhi standar yang telah ditetapkan dan juga semangat Continuous Quality Improvement atau perbaikan mutu berkesinambungan atas kinerja secara menyeluruh sebagai budaya di puskesmas terus dilakukan,” ucapnya, Selasa (10/10/2023).

Atas raihan status akreditasi paripurna ini, lanjut Juhai, diharapkan dapat semakin menanam rasa kepercayaan masyarakat untuk dapat berobat di berbagai puskemas Banjarbaru. Ia juga berkomitmen akan terus meningkatkan pelayanan yang semakin memudahakan dan dapat dijangkau siapapun.

“Status akreditasi ini merupakan pengakuan bahwa Fasyankes, fasilitas pelayanan kesehatan, Puskesmas telah memenuhi standar akreditasi.
Dilakukan oleh LPA, lembaga penyelenggara akreditasi yang telah ditetapkan oleh Kemenkes. Jadi masyarakat jangan takut atau ragu untuk berobat di Puskemas Banjarbaru,” terangnya.

Perlu diketahui, masih ada 9 puskesmas lainnya di Banjarbaru yang diusulkan dalam proses penilaian akreditasi tahun ini. Hingga sekarang, diantaranya ada beberapa puskemas yang sedang berlangsung proses penilaian dan ada pula puskesmas yang tinggal menunggu hasil penilaian.

Di sisi lain, Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin memberikan apresiasi atas kinerja Dinkes Banjarbaru berserta jajaran 10 puskemas yang ada. Ia berharap status akreditasi ini dapat segera diraih seluruh puskemas yang ada dalam rangka peningkatan layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kita berharap semua puskemas yang ada di Banjarbaru terakreditasi paripurna. Sehingga tidak ada lagi keraguan dalam mutu pelayanan yang keberikan kepada masyarakat,” tuntasnya. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020

Member JMSI

Network

LAINNYA