iklan di pojokbanua

Selamat! Banjarbaru Borong Dua Penghargaan dari BKKBN RI

waktu baca 2 menit
Selasa, 4 Jul 2023 06:47 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Pencapaian luar biasa kembali dibuktikan Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin berserta istri, Vivi Mar’i Zubedi selaku Ketua TP PKK Kota Banjarbaru. Pada 2023 ini, keduanya memborong dua Penghargaan Manggala Karya Kencana sekaligus dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

Manggala Karya Kencana sendiri merupakan penghargaan tertinggi, yang diberikan Pemerintah Pusat melalui BKKBN RI kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Satu penghargaan diterima oleh Aditya, karena telah memiliki komitmen dalam mengendalikan penduduk dan keluarga berencana.

Kemudian satu penghargaan lagi diterima oleh Vivi, karena sudah beperan serta aktif dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera serta upaya dalam menurunkan angka stunting melalui Gerakan Banjarbaru Singkirkan Stunting (Basingsing).

Dua raihan Penghargaan Manggala Karya Kencana sekaligus itu diumumkan melalui Surat Keputusan (SK) Kepala BKKBN Nomor 118/Kep/G2/2023.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPMPPPA) Banjarbaru, Sri Lailana mengungkapkan sejumlah indikator hingga bisa diraihnya dua penghargaan itu sekaligus.

Sri mengungkapkan, Aditya memiliki komitmen yang besar dalam membangun Program Bangga Kencana di Kota Banjarbaru.

Bangga Kencana sendiri merupakan program unggulan dari BKKBN RI, guna menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan, serta berfokus mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Selain itu indikator lainnya, ujar Sri adalah keterlibatan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang mengimplementasikan kebijakan kepala daerah.

“Contohnya tahun ini sudah semua kelurahan di Banjarbaru ditetapkan menjadi Kampung Keluarga Berkualitas (KB), dan itu semua berhasil diwujudkan. Bukan hanya membentuk tetapi juga melakukan pembinaan kepada masyarakat soal KB dan kesejahteraan sosial,” katanya, Senin (3/7/2023).

Kemudian indikator selanjutnya disebutkan Sri yakni dukungan operasional Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk Program Bangga Kencana, selama dua tahun berturut.

Berdasarkan sejumlah indikator tersebut, Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin dinyatakan memenuhi syarat sehingga dianggap layak menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana bersama 58 kepala daerah se-Indonesia.

Khusus di Kalimantan Selatan (Kalsel) hanya ada tiga kepala daerah yang menerima penghargaan tersebut. Yakni Banjarbaru, Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Tanah Bumbu.

Penghargaan Manggala Karya Kencana diserahkan langsung oleh Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, dalam rangkaian Hari Keluarga Nasional (Hargana) 2023, di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) Selasa (4/7/2023).

“Ini patut dibanggakan, karena tidak semua kepala daerah di Kalsel mendapatakan penghargaan ini. Tentunya juga ini bisa menjadi penyemangat kami terus melaksanakan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana, untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera,” lugas Sri. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221227-WA0005

Member JMSI

Network

LAINNYA