iklan di pojokbanua

Sekda Banjar: Sosialisasi Jaminan Kesehatan Masyarakat Desa Dukung Arahan Presiden RI

waktu baca 2 menit
Senin, 16 Okt 2023 15:47 0 Andy Arfian

POJOKBANUA, MARTAPURA – Dihadapan para pengusaha di Kabupaten Banjar, Sekda Banjar HM Hilman menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Banjar sangat menghargai kerja sama antara Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar dan BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin dalam menyelenggarakan sosialisasi jaminan kesehatan bagi masyarakat desa.

IMG-20240616-WA0002

Pernyataan ini disampaikannya saat acara sosialisasi jaminan kesehatan masyarakat desa di Aula KH Kaspul Anwar, Martapura, pada hari Senin (16/10/2023) pagi.

Menurut HM Hilman, langkah ini sejalan dengan arahan Presiden RI untuk memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat desa agar mereka dapat memperoleh jaminan kesehatan nasional.

Ia juga menjelaskan bahwa pada bulan Desember tahun ini, Kabupaten Banjar akan ditetapkan sebagai daerah Universal Health Coverage (UHC), yang merupakan sistem penjaminan kesehatan yang menjamin setiap warganya mendapatkan hak dalam pelayanan kesehatan.

”Begitu masyarakat menjadi anggota BPJS Kesehatan langsung mendapatkan pelayanan apabila ada warga yang sakit,” jelasnya.

Hilman juga menambahkan bahwa sosialisasi ini akan membantu Pemerintah Daerah dalam melakukan pendataan terhadap masyarakat di desa yang belum menjadi anggota BPJS Kesehatan, dengan tujuan mencapai target kepesertaan sebesar 95 persen.

”Pembiayaan akan dibayarkan Pemerintah Kabupaten untuk memenuhi target 95 persen masyarakat peserta. Sekitar 188 ribu orang didata yang akan di bayarkan,” ungkap Hilman.

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Banjar, Muhammad Bardan, juga memberikan dukungannya terhadap program BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin dalam upaya meningkatkan pemahaman semua pengusaha terkait pentingnya jaminan kesehatan.

”Para pambakal dapat menyampaikan kepada masyarakat mengenai program kesehatan baik dari kabupaten maupun nasional yang sekarang kepesertaaan BPJS Kesehatan sudah mencapai 75 persen dari target nasional sebesar 95 persen,” tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Banjarmasin, Asmar, berperan sebagai narasumber yang menyampaikan materi tentang pentingnya Kepastian Perlindungan Kesehatan Penduduk Melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional. (RLS/AY)

 

Editor: Andy Arfian

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA