Sejarah Peringatan Hari Buruh, Bermula dari Kerusuhan Pekerja vs Polisi

waktu baca 2 menit
Senin, 1 Mei 2023 08:58 0 85 Yuliandri Kusuma Wardani

POJOKBANUA, JAKARTA – Tanggal 1 Mei masuk daftar tanggal merah atau hari libur dalam kalender 2023. Pada tanggal tersebut, diperingati sebagai Hari Buruh atau May Day oleh masyarakat Internasional. Hal ini pun mengundang tanya mengenai sejarah Hari Buruh Internasional.

Diketahui, peringatan Hari Buruh 1 Mei ini menjadi salah satu peristiwa bersejarah dalam catatan perjuangan para buruh di dunia, termasuk Indonesia. Ya, Hari Buruh ini memiliki catatan sejarah panjang.

Lantas, bagaimana sejarah Hari Buruh Internasional? Untuk selengkapnya, simak berikut ini sejarah yang dirangkum dari berbagai sumber.

Sejarah Hari Buruh Internasional

Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)

Hari Buruh Internasional yang diperingati tanggal 1 Mei ini, sebelumnya diperingati sebagai hari perubahan musim di bagian utara belahan bumi. Kemudian berubah, sejak meledaknya demonstrasi besar-besaran pada 1 Mei abad 19 yang dilakukan kaum buruh di AS yang menuntut hak jam kerja.

Tanggal 1 Mei pun dipilih untuk mengenang peristiwa kerusuhan Haymarket tahun 1886. Pada 1 Mei tersebut, setidaknya 300.000 buruh melakukan aksi unjukrasa atau demonstrasi dengan mogokan bekerja untuk menuntut hak-hak buruh.

Dikutip dar suara.com, salah satu tuntutan dalam demonstrasi tersebut yaitu diberlakukannya jam kerja 8 jam per hari. Pasalnya, pada masa itu para buruh bekerja dengan jam kerja mencapai 10-16 jam per hari. Pada masa itu, kematian di kalangan buruh juga seolah menjadi hal biasa.

Pada akhir 1880-an, para buruh pun melakukan aksi demonstrasi besar-besaran di Haymarket. Mulanya demonstrasi berlangsung kondusif, namun kemudian terjadi bentrok antara polisi dan pekerja pada tanggal 3 Mei di McCornick Reaper Works.

Selang sehari, demonstrasi masih berlangsung yang terjadi di Lapangan Haymarket. Aksi demonstrasi kali ini sebagai bentuk protes atas pembunuhan yang dilakukan polisi.

Aksi demonstrasi tersebut langsung dibubarkan polisi. Namun, tiba-tiba ada yang melemparkan bom ke barisan polisi sehingga kekacauan pun semakin menjadi-jadi. Peristiwa tersebut memakan korban jiwa 7 polisi dan 8 warga sipil.

Pada tahun 1889, digelar pertama kali kongers di Paris oleh The International Socialist Conferences guna memperingati peristiwa kericuhan 1880 di Haymarket Chicago.

Lalu, peringatan tersebut dijadikan sebagai dasar peringatan Hari Buruh Internasional atau yang disebut juga International Worker Day atau dikenalnya juga sebagai May Day.

Demikian ulasan mengenai sejarah Hari Buruh Internasional yang diperingati setiap tanggal 1 Mei dan dijadikan Hari Libur Nasional. Semoga, informasi ini bermanfaat! (Suara.com/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221228-WA0020
PENJUALAN ROKOK BATANGAN

Member JMSI

Network

LAINNYA