Satu Pelamar PPPK di HST Masuk Daftar Hitam, Ini Alasannya

waktu baca 2 menit
Selasa, 2 Apr 2024 11:28 0 4211 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BARABAI – Satu pelamar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Formasi tahun 2023 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) masuk dalam daftar hitam (blacklist).

Hal itu diketahui usai dilantik dan diserahkannya SK ratusan pelamar PPPK di HST. Rupanya, satu pelamar itu mengundurkan diri selang beberapa hari sebelum pelantikan.

Identitasnya yakni Okta Rusmaditya Rahim. Ia dinyatakan lulus seleksi PPPK pada formasi Jabatan Fungsional (JF) Guru Penjasorkes di HST.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) HST, Wahyudi Rahmad membenarkan, bahwa satu pelamar PPPK di HST masuk dalam daftar hitam.

I WAYAN NURASTA WIBAWA
Ucapan Hari Raya Rosehan
Idul Fitri (1)
dprd ucapan lebaran
SEKWAN LEBARAN

Menurutnya, hal itu terjadi karena yang bersangkutan mengundurkan diri setelah mendapatkan nomor induk (NI) kepegawaian (PPPK) sehingga harus terkena sanksi.

“Sesuai ketentuan, apabila sudah mendapatkan nomor induk kepegawaian dan yang bersangkutan tidak meneruskan, maka menjadi catatan bagi kami untuk diberikan blacklist dari BKN (Badan Kepegawaian Negara),” katanya, Selasa (1/4/2024) kemarin.

Terkait lama blacklistnya, Wahyudi menyebut selama satu tahun. Sehingga, yang bersangkutan tidak bisa mendaftar CPNS/PPPK selama masa sanksi itu.

Berbeda halnya dengan mengundurkan diri sebelum mendapatkan NI PPPK. Apabila demikian pelamar akan tetap aman asalkan melampirkan surat pengunduran diri resmi.

Sebelumnya juga, ada sebanyak empat pelamar PPPK di HST yang telah dinyatakan lulus mengundurkan diri.

Rinciannya, satu tenaga guru dan tiga tenaga kesehatan. Mereka terbebas dari blacklist karena mengundurkan diri sebelum pengusulan NI PPPK. (MH/FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221229-WA0030
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA