iklan di pojokbanua

Salamah Pasrah, Uang Rp 3 Juta Buat Bangun Pondok Hangus Terbakar

waktu baca 2 menit
Selasa, 31 Agu 2021 20:33 0 Musa Bastara

POJOKBANUA, BANJARBARU – Dada Salamah (66) sesak. Wajahnya pun nampak pucat. Tatapannya hampa sekaligus berair. Jemarinya sesekali gesit mengusap pipinya yang basah. Bahkan, ia mencengkeram lemah gelas air yang diberikan tetangganya.

IMG-20240616-WA0002

Hal itu dilakukannya saat duduk sembari merasakan kesedihan karena rumahnya di Jalan Karang Anyar 2, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan terbakar, Senin (31/8/2021) siang.

Bagaimana tidak, rumah yang disewanya selama 4 tahun itu, melahap hampir seluruh isinya hanya dalam sejam. Saat kejadian, beruntung, Salamah sedang berbelanja ke pasar bersama suaminya, Hani.

Kerugian diperkirakan sekitar puluhan juta. Termasuk uang Rp 3 juta yang ditabungnya, niat digunakan untuk membangun pondok kecil sebagai tempat tinggal, hanya sisa serpihan.

Rumah yang disewa H Salamah dan suami hangus terbakar. (Foto Musa)

Ia berharap, mendapat uluran tangan pemerintah terutama dapat dibangunkan rumah. Para tetangga sudah memberikan beberapa bantuan berupa pakaian. “Kayapa guring malam ini kita,” cetusnya.

Keseharian Salamah berjualan nasi kuning, ketupat, lontong dan segala macam makanan di depan rumah yang disewanya tersebut. Itulah usaha yang setidaknya bisa ia lakoni di masa-masa rentannya berdua dengan suami.

“Rumah menyewa, Cu… Kulkas kreditan belum lunas umpat tabakar,” katanya dengan terbata-bata kepada pojokbanua.com.

Sang suami juga tak kuat dan tak bisa lebih lancar berbicara darinya. Selain pendengarannya memang sedikit bermasalah.

Salah satu saksi mata, Dana mengatakan, titik awal api berasal dari dapur sebelum kemudian merembet ke sekujur rumah. Sebelum unit pemadam kebakaran tiba ke lokasi, beberapa tetangga berupaya memadamkan api dengan alat seadanya.

Api yang berkobar tentu tak mudah dipadamkan dengan hanya bermodal ember, apalagi api cepat menjalar karena rumah itu sebagian besar terbuat dari kayu.

Beberapa unit pemadam kebakaran kemudian berhasil menjinakkan si jago merah sekitar pukul 13.30 Wita. Tapi malang, sebagian besar harta bendanya tak bisa tertolong. Bahkan, seekor kucing tewas terbakar dalam insiden itu.

“Akibat kebakaran diduga karena korsleting listrik,” jelas seorang pemadam, yang tidak diketahui namanya.

Sang kakak menceritakan, beberapa hari sebelumnya sempat mencakapkan niat tersebut. “Saat itu kami tetawaan aja. Tapi apa ai, namanya musibah,” ungkapnya. (MS/PR)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA