iklan di pojokbanua

Ribuan Peserta Didik PKBM di Banjarbaru Dikukuhkan, Aditya: Pendidikan Adalah Investasi Terbaik

waktu baca 2 menit
Senin, 3 Jun 2024 13:09 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Ribuan peserta didik kelompok belajar Paket A, Paket B dan Paket C se-Banjarbaru secara resmi dikukuhkan dalam pelaksanaan wisuda di Aula Widyatama Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarbaru, Senin (3/6/2024) pagi.

IMG-20240616-WA0002

Kepala Disdik Banjarbaru, Dedy Sutoyo mengatakan, tercatat ada 1.072 peserta didik yang dikukuhkan. Terdiri dari Paket A sebanyak 155 orang, Paket B ada 395 orang dan Paket C 522 orang. Adapun persentase kelulusan peserta didik kelompok belajar ini cukup tinggi, yakni 90,85 persen.

“Karena pada saat ini, pelaksanaan pembelajaran PKBM berkembang dan bagus, aplikasi berjalan dan bisa menyaring dan dilaksanakan dengan baik. Tidak sekadar ikut paket, kalau sekarang harus ikut ujian, absensi kelas dan lainnya,” ujar Dedsoe, sapaan akrabnya kepada awak media.

Di Banjarbaru sendiri, tercatat ada tujuh titik PKBM dan satu titik Sekolah Kompetensi Bidang (SKB) yang tersebar di lima kecamatan di Banjarbaru. Bahkan, di Kecamatan Landasan Ulin, disebut Dedsoe, ada dua titik PKBM.

Kendati setara dengan jenjang pendidikan formal, Dedsoe menuturkan bahwa PKBM mempunyai aturan seperti itu juga. Hanya saja, untuk aturan lama pendidikan dan lainnya, PKBM lebih fleksibel, karena penggunaan sistem modul, pembelajaran tatap muka, daring dan lainnya.

Selain itu, konsep Kurikulum Merdeka juga sudah dapat diakses hingga PKBM. Termasuk akun belajar.id hingga rapor pendidikan PKBM yang sudah cukup bagus.

“Setiap murid PKBM tiap tahun ini digencarkan ke akun belajar.id dan tutor harus mengembangkan diri,” imbuh Dedsoe.

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin yang hadir dalam pengukuhan peserta didik kelompok belajar berharap, keberadaan PKBM dapat meningkatkan indeks pembangunan daerah di Banjarbaru. Serta membantu kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan.

“Karena pendidikan adalah investasi terbaik dan kami berpesan kepada peserta didik yang dikukuhkan untuk terus melanjutkan pendidikannya agar bisa meraih cita-cita,” tuturnya.

Orang nomor satu di Kota Idaman ini menambahkan, peserta didik yang dikukuhkan juha diharapkan dapat menambah keahlian. Diakui Aditya, banyak tantangan yang dihadapi peserta didik kelompok belajar usai lulus.

“Tetapi banyak cara menyelesaikan tantangan tersebut,” tuntas Aditya. (FN)

Editor: Gusti Fikri Izzudin Noor

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit

Member JMSI

Network

LAINNYA