iklan di pojokbanua

Restorasi Berhasil, Bayi Bekantan Lahir di Ekowisata PT AGM

waktu baca 2 menit
Kamis, 16 Mar 2023 15:49 0 Yuliandri Kusuma Wardani

POJOKBANUA, BANJARBARU – Koleksi bekantan di Ekowisata Bekantan PT Antang Gunung Meratus (AGM) makin bertambah. Baru-baru tadi, seekor bayi bekantan lahir melengkapi koleksi sebelumnya yang berjumlah 28 ekor.

“Baru lahir, sekitar dua hari yang lalu. Ini menunjukkan apa yang kita lakukan berhasil, baik itu restorasi lahan maupun mewujudkan kembali habitat bekantan di kawasan ini. Pakannya sudah kita sediakan, dan sudah ditanam juga di lahan,” ujar KTT PT AGM, Imam Arifianto kepada sejumlah awak media usai mengikuti kegiatan penanaman di Jalan Golf, Landasan Ulin, Banjarbaru, Kamis (16/3/2023).

Program tahunan ini sudah ada sejak 2017 dilakukan penanaman. “Syukur, habitat bekantan sudah bisa tinggal di area Lok Buntar, Desa Lawahan, Kecamatan Tapin Selatan ini. Area lahan sekitar 30 hektare,” sambungnya.

Terlepas dari lahirnya si mancung yang belum diberikan nama tersebut, terpenting adalah kawasan ekowisata yang dikelola PT AGM ini dinilai restorasinya telah berhasil. Terbukti, dengan berlangsungnya ekosistem yang baik di kawasan vegetasi hutan rawa ini, sehingga menjadi rumah yang aman dan nyaman bagi satwa endemik sekalipun.

“Ini juga menjadi indikator positif, apa yang diusahakan pasca kebakaran lahan di 2015 silam berjalan sukses. Saat ini, puluhan jenis tumbuhan rawa mendominasi kawasan seluas kurang lebih 70 hektare,” tuturnya.

Berbagai jenis fauna seperti monyet ekor panjang, hirangan atau lutung hingga sejumlah jenis burung juga bermukim di ekowisata tersebut.

“Ke depannya, kami harap kawasan Ekowisata Bekantan menjadi destinasi wisata dengan minat khusus. Berkaitan dengan ciri khasnya yang menarik, baik itu dengan satwa maupun fauna yang dikembangkan. Namun, juga sebagai wahana edukasi dan penelitian. Semoga, ke depannya juga bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar,” pungkasnya. (KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221228-WA0020
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221227-WA0005

Member JMSI

Network

LAINNYA