iklan di pojokbanua

Refleksi Kemerdekaan, SPI Kalsel; Petani Masih Terbelenggu Kemiskinan

waktu baca 2 menit
Kamis, 17 Agu 2023 21:21 0 Muhammad Hidayatullah

POJOKBANUA, BANJARBARU – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) menjadi ajang refleksi untuk memaknai kemerdekaan di seluruh penjuru negeri, tak terkecuali para petani.

IMG-20240616-WA0002

Ketua Serikat Petani Indonesia (SPI) Kalimantan Selatan (Kalsel), Dwi Putra Kurniawan menyebut, petani saat ini masih belum merdeka dan terbelenggu oleh kemiskinan.

Menurutnya, itu buah dari adanya regulasi dan aturan yang tak berkeadilan. Dwi mencontohkan, sebagaimana saat ini tanah lahan harus beli atau sewa. Ditambah, bibit harus beli yang bersertifikasi, pupuk beli yang katanya disubsidi namun tak sesuai harapan dan kondisi pola tanam.

“Lebih menyedihkan lagi, ketika panen dibarengi import pangan yang ugal-ugalan demi memuaskan bisnis para oligarki pangan yang tak pernah mencangkul tanah dan menanam,” ujarnya di Banjarbaru, Kamis (17/8/2023).

Kalsel sudah di usia ke-73 tahun dan Indonesia ke-78 tahun, namun dirinya merefleksikan nasib para petani tetap saja pada kondisi kemiskinan. Sehingga, jumlah petani dan lahan pertanian akan terus berkurang buah dari kebijakan yang tak berkeadilan. Berbanding terbalik, dengan jumlah penduduk Indonesia yang terus naik meningkat setiap tahunnya.

Dari beragam permasalahan itu, Dwi menyarankan pemerintah semestinya harus segera mengosongkan ruangan kantor-kantor dan kelas-kelas kampus pertanian dari pada mengurusi kertas administrasi serta laporan kuliah.

“Segera turun ke tanah atau lapangan untuk menanam pangan guna memenuhi target kebutuhan pangan seluruh rakyat Indonesia,” tuturnya.

Serimonial upacara tiap tahun pada 17 Agustus disemarakan oleh bangsa di penjuru negeri boleh saja dibanggakan. Namun, ia menilai itu bukan sepenuhnya memaknai arti kemerdekaan.

“Untuk memenuhi kebutuhan dasar saja, negara masih ketergantungan. Kita merdeka dalam cita-cita, tapi belum merdeka dalam kehidupan nyata,” cetusnya. (MH/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Muhammad Hidayatullah

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221229-WA0030

Member JMSI

Network

LAINNYA