iklan di pojokbanua

Rapat Finalisasi, Pembangunan Sentra Kayu di Kalsel jadi Pilot Project

waktu baca 2 menit
Kamis, 2 Mar 2023 10:13 0 Yuliandri Kusuma Wardani

POJOKBANUA, BANJARBARU – Dinas Kehutanan (Dishut) Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama pemegang Perizinan Berusaha Pengelolaan Hasil Hutan (PBPHH) dan Koperasi HTR Gemah Ripah mengadakan rapat Finalisasi Pembahasan dan Perjanjian Kerja Sama Usaha untuk pembangunan sentra kayu.

Rapat itu dilaksanakan di Aula Rimbawan 1 Dishut Kalsel, Rabu (1/3/2023) pagi. Rapat tersebut untuk menindaklanjuti pembangunan sentra kayu dan penetapan lokasi penanaman, finalisasi dokumen, kesepakatan isi perjanjian kerja sama usaha pada Koperasi HTR Gemah Ripah yang berada di wilayah kerja atau kelola KPH Tanah Laut.

“Pembangunan sentra kayu di Kalsel merupakan projek besar dan merupakan mimpi atau tujuan bersama dalam mewujudkan usaha di bidang kayu. Di mana, bermanfaat bagi para industri dan masyarakat, khususnya para kelompok tani pemegang persetujuan perhutanan sosial,” ujar Sekretaris Dishut Kalsel, Kinta Ambarasti.

Kata dia, rapat ini bertujuan untuk lebih mencermati terkait dokumen perjanjian kerja sama usaha mengenai pembangunan sentra kayu di Kalsel sesuai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 9 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Perhutanan Sosial. Sebab, perjanjian kerja sama menggunakan materai dan diketahui pimpinan.

Kasi Pengolahan, Pemasaran, dan PNPB Dishut Kalsel Irvan memaparkan, format dokumen perjanjian kerja sama usaha pembangunan sentra kayu yang merupakan upaya pemenuhan bahan baku industri dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan sesuai persetujuan pengelolaan perhutanan sosial.

“Dinas Kehutanan dalam hal ini memfasilitasi beberapa industri yang kita rencanakan sebagai pilot project dalam pembangunan sentra kayu di Kalsel. Ada tujuh format dokumen yang disiapkan untuk perjanjian kerja sama pembangunan sentra kayu bagi para pemegang PBPHH Kalsel,” jelasnya.

Melalui diskusi bersama finalisasi pembahasan dokumen perjanjian kerja sama, para pemegang PBPHH Kalsel dan IUPHHK-HTR di wilayah kerja KPH Tala sepakat mengenai isi rencana pada pembangunan sentra kayu tersebut.

Selanjutnya, dilakukan penandatangan kerja sama MoU dalam rangka pembangunan sentra kayu Kalsel. Diharapkan, pasokan bahan baku kayu bulat di Kalsel dapat terpenuhi secara berkelanjutan. Serta, terlaksananya harmonisasi pembangunan kehutanan yang menyeluruh terintegrasi, efisien dan sinergisitas dalam mencapai tujuan pembangunan kehutanan. (KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

TIPS AMANKAN DATA
IMG-20221225-WA0006
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
1. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005

Member JMSI

Network

LAINNYA