iklan di pojokbanua

Radikalisme dan Berita Hoaks Bahaya hingga Rugikan Masyarakat

waktu baca 2 menit
Kamis, 4 Mei 2023 15:36 0 Wahyu Firdha

POJOKBANUA, MARTAPURA – Kepala Kesbangpol Banjar, Safrin Noor mengatakan, radikalisme dan berita hoaks jika dibiarkan dapat membahayakan dan merugikan masyarakat. Sebab, radikalisme saat ini banyak mengarah pada kelompok agama yang menyukai kekerasan, paham keras atau aliran melalui jalur agama. Bertujuan, ingin merubah tatanan sosial maupun politik dengan cara kekerasan.

Hal itu disampaikan saat sosialisasi pencegahan radikalisme dan berita hoaks saat Pemilu 2024 di Aula Kantor Kacamatan Astambul, Kamis (4/5/2023).

Menurutnya, kewaspadaan terhadap radikalisme yang mengarah kepada aksi terorisme merupakan tanggung jawab bersama, agar masyarakat terbebas dari paham-paham yang mempengaruhi.

“Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam menanggulangi paham radikalisme di masyarakat guna mewujudkan ketertiban. Namun demikian, penanganan yang dilakukan masih bersifat komprehensif dan jangka panjang,” ujar Safrin.

Sementara itu, Kabid Informasi Komunikasi Publik Diskominfo Banjar, Muhari menjelaskan, ciri dari radikalisme adalah mengklaim kebenaran tunggal dan menyesatkan kelompok lain yang berbeda pendapat, mempersulit tata cara sesuatu seperti agama, serta bersikap berlebihan dalam ritual agama yang tidak pada tempatnya.

“Sementara ciri-ciri hoaks biasanya informasi mengakibatkan kecemasan, kebencian dan permusuhan. Sumber berita tidak jelas, bermuatan fanatisme atas nama ideologi, judul dan pengantar yang provokatif. Serta, memberi penghukuman serta menyembunyikan fakta dan data,” jalasnya.

Ia menambahkan, mencegah hoaks dan radikalisme bisa dengan cara sosialisasi kepada masyarakat untuk banyak membaca, melihat, mendengarkan, serta mencari referensi pada berita di radio dan televisi sebagai pembanding. (WF/KW)

Editor: Yuliandri Kusuma Wardani

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221229-WA0030
IMG-20221228-WA0020
2. Infografis sosmed 10 penyakit
TIPS AMANKAN DATA
1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221227-WA0005
IMG-20221225-WA0006

Member JMSI

Network

LAINNYA