iklan di pojokbanua

PWI Kalsel: Wartawan Harus Junjung Tinggi Profesionalitas dalam Bertugas

waktu baca 2 menit
Kamis, 17 Nov 2022 16:11 0 Fikri Noor

POJOKBANUA, BANJARBARU – Profesi wartawan sebagai pencari berita, harus menjunjung tinggi profesionalitas. Tentunya mengacu pada Kode Etik Jurnalistik sebagai acuan bagi seorang wartawan dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik.

IMG-20240616-WA0002

Hal ini disampaikan oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel, Zainal Helmie, di sela kegiatan Peningkatan Kompetensi Wartawan yang digelar oleh PWI Banjarbaru, yang dihelat di Aula Linggangan Intan DPRD Banjarbaru, Kamis (17/11/2022) siang.

“Tentu untuk menjadi wartawan yang profesional, ada tahapan-tahapan yang harus dilewati. Yaitu, harus mengerti kode etik, standar menulis berita dan perilaku,” ujarnya.

PWI Kalsel sendiri, mengharapkan para wartawan untuk mengedepankan profesionalitas dan menjaga martabat sebagai seorang wartawan. Sebagai contoh, yaitu peningkatan kompetensi wartawan yang diharapkan dapat menunjang tugas-tugasnya.

Selain Kode Etik Jurnalistik, dirinya menekankan para wartawan di Banjarbaru untuk mengedepankan etika perilaku ketika bertugas. Hal ini tertuang dalam Kode Etik Perilaku Jurnalistik, yang ia sampaikan kepada wartawan di sela pemaparannya.

“Buat apa seorang wartawan itu cerdas, jika tak miliki etika. Makanya kita gencar melakukan pelatihan-pelatihan,” beber Zainal.

“Intinya, wartawan itu menjaga kode etik. Dengan menjaga kode etik, tentu ada tanggung jawabnya sebagai wartawan untuk menghormati narasumber,” sambungnya.

Selain mencari dan mengolah data dan fakta untuk dijadikan sebuah berita, dirinya berharap, seorang wartawan terutama yang tergabung dalam PWI, dapat menjadi narasumber sesuai bidangnya.

Ia mencontohkan, seorang wartawan yang meliput bidang olahraga. Maka, wartawan ini dapat memberikan pandangan atau komentar pada bidang ini.

“Ke depannya, wartawan itu merupakan profesi yang cerdas,” tandas Zainal. (FN)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Pojok Banua TV

Infografis

IMG-20221228-WA0020
1. Infografis sosmed 10 penyakit
PENJUALAN ROKOK BATANGAN
IMG-20221229-WA0030
IMG-20221225-WA0006
2. Infografis sosmed 10 penyakit
IMG-20221227-WA0005
TIPS AMANKAN DATA

Member JMSI

Network

LAINNYA